The Influence of Brand Image, E-Word of Mouth, Impulse Buying and Promotion on Purchasing Decisions at Tiktok Shop

  • Ika Bela Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Agustin Hari Prastyo Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Dedy Wijaya Kusuma Institut Teknologi dan Sains Mandala
Keywords: Marketing, Purchasing Decision, TikTok Shop

Abstract

This study aims to determine the effect of Brand Image, E-Word of Mouth, Impulse Buying and Promotion on Purchasing Decisions at Tiktok Shop (Case Study on Students of the Mandala Jember Institute of Technology and Science) both partially and simultaneously. This type of research is quantitative. The population in this study were students of the Mandala Jember Institute of Technology and Science. The sample used was 100 respondents using the Ferdinand formula. Data analysis techniques using the Classical Assumption Test, Multiple linear regression analysis, Determination Coefficient Test (R2) and Hypothesis Test. The results showed that the Brand Image and Promotion variables partially influenced purchasing decisions at Tiktok Shop, but E-Word of Mouth and Impulse Buying had no partial effect on purchasing decisions at Tiktok Shop.

References

Aaker, A. David. 2008. Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama

Arisandy, Desy dan Hurriyati Dwi. 2011. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Impulse Buying Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi di Perguruan Tinggi Wilayah Palembang Yang Melakukan Belanja Online. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Kesehatan, (2477-2364), 31-39.

Astuti, Yulita Tri. 2020. Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Perceiveed Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee. (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau), Pekanbaru

Effendi, Syahrul, Faris Faruqi, Maya Mustika, Rudi Salim ( 2020 ). Pengaruh Promosi Penjualan, Electronic Word of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif pada Aplikasi Shopee. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 17(2), 22-31.

Fauziah, Nur, Puji Isyanto, Dini Yani. 2023. Pengaruh Konten digital Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Di Tiktok Shop Pada Mahasiswa Program Studi Di Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang.

Ferdinand, Augusty Tae. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Fildayati, Wahyu. 2020. Pengaruh Online Shopping Convenience Terhadap Repurchase Intention dan E-WOM yang Dimediasi oleh Variabel Customer Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce.

Firdaus, Muhammad. 2019. Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Firmansyah, A. 2019. Perilaku Konsumen ( Sikap Dan Pemasaran ). Surabaya: CV. Qiara Media

Generasi Millenial. Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 6681, 428-432

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisa Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Goyette I, Ricard L, Bergeron J, Marticotte F. 2010. E-WOM scale: Word-Of-Mouth Measurement Scale for -Service Context. Canadian Jurnal of Administrative Sciences revue Canadienne des sciences de I’administration

Ismagilova, Elvira, dkk. 2017. Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context (a State of the Art Analysis and Future Directions. UK: Springer.

Kartajaya, Hermawan. 2007. Marketing In Venus. Jakarta: Gramedia

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasarn. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi ke 13. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, Deni. 2020. Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-wom) Dan Brand Ambassador terhadap Purchase Intention (studi pelanggan E-Commerce Di Kota medan)

Kusibowo, Murti. 2021. Analisis Pengaruh Brand Image, Promotion, Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Online Shop, Jakarta: Jurnal Manajemen Industri dan Logistik

Margo, Brigitta. 2022. Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online (studi kasus pada Perusahaan E-commerce Tokopedia terhadap Mahasiswa UNIKA Soegijapranata Semarang).

Prasetyo, Bagus Putro Wahyu. 2020. Pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian online pada platform shopee di moderasi oleh price discount : Studi pada konsumen shopee

Ridhon, MB Simangungsong, Morina (2021). Pengaruh Promosi, harga dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan

Sari, Novita, Muhammad Saputra dan Jamaluddin Husein. 2017. Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Bukalapak.com.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty

Swastha. 2006. Azas-azas marketing. Yogyakarta : Liberty

Thurau,Henning, Gwinner, K.P., Walsh, G., dan Gremier, D.D. 2004. Electronic Word-Of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms : What Motives Consumers to Articulate Themselves On The Internet?. Journal Of Interactive Marketing. Vol.18, No. 1

Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Tjiptono. F.,& Diana. A. 2015. Pelanggan puas? Tak cukup! Plus : contohspesifik riset kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan, strategi mewujudkan kepuasan pelanggan. Yogyakarta: CV Andi Offset

Winarso, Bambang. 2021. Ap aitu Tiktok dan apa saja fitur-fiturnya?.

Yunaida, Erni. 2017. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra

Zuhdi, Muhamad., Aprilia ddk. 2022. Kualitas Produk,Harga dan Promosi sebagai Tinjauan Keputusan pembelian Thrifth Shop Online Instagram @tembokberita2nd, Kediri

Published
2024-01-30
How to Cite
Bela, I., Prastyo, A. H., & Kusuma, D. W. (2024). The Influence of Brand Image, E-Word of Mouth, Impulse Buying and Promotion on Purchasing Decisions at Tiktok Shop. MBA : Journal of Management and Business Aplication, 7(1), 53-60. https://doi.org/10.31967/mba.v7i1.1023