Pendampingan Produktivitas Umkm UD.Widya Handicraft Pasca Pandemi Covid-19 Desa Gintangan, Kec. Blimbingsari, Kab. Banyuwangi

  • Helmi Agus Salim
  • Dewi Untari Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Hamliyah Hamliyah Institut Teknologi dan Sains Mandala
Keywords: pemasaran, value add service, promosi produk, keuangan.

Abstract

Kegiatan pendampingan terhadap UMKM merupakan salah satu bentuk dari tri dharma perguruan tinggi. UD Widya Handicraft yang terletak didesa Gintangan kecamatan Blimbingsari kabupaten banyuwangi merupakan mitra yang mempunyai dinamika yang terkena pengaruh dan terdampak secara ekonomi semenjak awal pandemi covid-19 sampai pendemi hampir berakhir dan sekarang salah satu UMKM yang mencoba bangkit dari pandemi tersebut. UD. Widya Handicraft adalah UMKM di bidang kerajinan tangan yang memproduksi berbagai macam produk untuk kebutuhan pokok dan seni yang berbahan dasar bambu . Berdasarkan data penjualan yang dimiliki UD. Widya Handicraft terjadi penurunan yang signifikan mulai tahun 2019 – 2022. Tahun 2022 merupakan awal kebangkitan iklim usaha di era kemajuan teknologi informasi yang berbasis digital. Era digital mengakibatkan selera konsumen terhadap jenis produk kerajinan mengalami perubahan, UD. Widya Handicraft harus mulai berbenah untuk melihat potensi jenis produk hasil kerajinan dengan model atau selera konsumen pada generasi sekarang. Dengan kolaborasi keunggulan produk dengan selera konsumen sekarang menjadi pemicu UMKM ini untuk menaruh harapan besar dalam menatap pasar baru di era baru.   

Published
2023-08-09
Section
Articles