Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Terhadap Digitalisasi UMKM
Abstract
Kegiatan digitalisasi merupakan kegaiatan wajib disegala sektor. Dengan berkembangnya teknologi digital dan perubahan era yang mengarah pada era 5.0 Society, tuntutan untuk menggunakan digital dalam segala kesempatan menjadi hal yang krusial. Dalam bidang ekonomi electronic data interchange (EDI) telah terjadi dalam seluruh sektor ekonomi. Termausk untuk pemasaran dalam ekonomi digital sekarang telah berfokus pada penggunaan sosial media dan penguatan kepada relasi konsumen dan penjual di dunia maya. Untuk meningkatkan kebutuhan sumber daya infomrasi dan teknologi dilakukan penyuluhan untuk digitalisasi UMKM. Dimana UMKM merupakan tombak sirkuliasi dari perekonomian Indonesia, dan dirasa kemampuan UMKM Indonesia untuk memenuhi sumber daya manusia dalam bidang informasi dan teknologi masih kurang. Hasil dari penyuluhan untuk UMKM dan masyarakat umum adanya peningkatan pemahaman terhadap test yang diberikan antara sebelum penyuluhan berjalan dengan setelah berjalan sebesar 3%.