Pemberdayaan Agro Edu Wisata Berkonsep Sustainable Tourism kepada BUMDesa Bung Karjo di Desa Karangharjo Kabupaten Jember
Abstract
Desa Karangharjo merupakan desa yang terletak di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang berada di lereng pegunungan membuat lingkungannya cocok untuk ditanami komoditas pertanian dan perkebunan. Keragaman dan akulturasi budaya di Desa menjadi daya tarik yang menjanjikan untuk dijadikan destinasi desa wisata. Ada juga beberapa layanan wisata yang sudah mulai diinisialisasi antara lain; edukasi alam dan outbond. Melihat potensi tersebut dan hasil kesepakatan bersama mitra digagas agro edu wisata di Desa Karangharjo. Berdasarkan kesepakatan bersama mitra di peroleh kesepakatan Tiga Permasalahan Utama yang akan diselesaikan pada pemberdayaan wisata pada tahun 2024 yaitu: belum adanya perencanaan dan strategi pengembangan wisata yang baik. kurangnya kemampuan manajemen wisata pada anggota BUMDesa, masih minimnya kualitas layanan wisata yang ditawarkan. solusi dari permasalahan tersebut yaitu pengembangan edu wisata dengan konsep Sustainable Tourism yang meliputi pengembangan roadmap, penguatan softskill BUMDesa dan Peningkatan kualitas layanan agro edu wisata. Prinsip-prinsip pada konsep tersebut mencakup upaya untuk melestarikan dan memperbaiki lingkungan, pemberdayaan masyarakat lokal, serta memastikan manfaat ekonomi yang adil bagi semua pihak. Berdasarkan hasil evaluasi selama 3 bulan diperoleh berbagai masukan terkait pengelolaan wisata, sistem manajemen wisata dan telah dilakukan inisiasi kerjasama terhadap customer potensial yaitu sekolah dasar dan sederajat di Kabupaten Jember.
References
Adnan, F. Irnanda and Y. A. Auliya, "Empathy-Driven Design: Applying Design Thinking to Improve the Usability of the ResellHub Mobile App," 2023 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Informations System (ICIMCIS), Jakarta Selatan, Indonesia, 2023, pp. 73-77, doi: 10.1109/ICIMCIS60089.2023.10349081.
Auliya, Y. A., Fadah, I., Baihaqi, Y., & Ruhimat, Q. A. Y. A. 2023. Implementation Of Management Information System Using Economic Order Quantity (Eoq) Method In Micro, Small, Medium Enterprises.
Surya A, & Wilarso, W. (2022). Pendampingan Dasar-Dasar Strategi Pemasaran dalam Era Digital untuk UMKM Kecamatan Cileungsi. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 23-28. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3524. [4]
Ariyanti M., Farida A. L., Sugestie P. F., Prasetyo A. 2024. Peningkatan Kapasitas UMKM Melalui Pengembangan Usaha Berbasis Digital. 15 (1), 149-153. https://doi.org/10.26877/edimas.v15i1.15561.
Nurfitri, K dan Astuti I. P. 2024. Sistem Tes Potensi Wirausaha Berbasis Website untuk Siswa Kelas Enterpreneur Pondok Pesantren Darut Tilawah Ponorogo. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 15 (1), 81-85. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.15336
Nulinnaja, R., Siti Faridah, & Putra, K. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Terdampak Covid 19 Melalui Pelatihan Kewirausahaan Frozen Food di Sumbersekar Dau Kabupaten Malang. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 153-159. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4273. [2]
Putra, T., Pasaribu, P. dan Wulansari, N. 2020. Pemasaran Wisata Berbasis Website di Nagari Wisata Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), pp. 18–27. doi: 10.24036/abdi. v2i1.34. [6]
Pradana, M., Andrianto, A., & Auliya, Y. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Desa Terpadu Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) Studi Kasus Desa Arjasa. INFORMAL: Informatics Journal, 7(2), 64-73. doi:10.19184/isj. v7i2.25238. [8] [18]
Rosyadi, S., Setyoko, P. I., Kurniasih, D., Ramadhanti, W., Kusuma, A. S., & Atika, Z. R. (2021). Penguatan Kapasitas Peran Sosial Bumdes dalam Penanggulangan Dampak Ekonomi COVID-19. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 27-32. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2554. [3]
Rosyidie, A., Raksapati, A., & Adriani, Y. (2022). Development of Agro-tourism to optimize Village Potential in Mekarwangi Village, Sindangkerta District, West Bandung Regency. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 499 - 515. https://doi.org/10.29062/engagement.v6i2.1016. [13]
Sukmana F.H., Mayani E., Fadah I.,2023, Analyzing Consumer Online Reviews for Enhancing Restaurant Marketing Strategy: Applying the 7Ps Marketing Mix Framework, International Social Sciences and Humanities, UMJember Proceeding Series (2023) Vol. 2 No 3 : 907-918. [17]
Tantri, S., Riyani, E., Muktiyanto, A., Widiastuti, Y., & Prasetyo, A. (2022). Implementation of Digital Marketing for Household Businesses in the Context of Accelerating Economic Recovery During the Covid-19 Pandemic. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 516 - 532. https://doi.org/10.29062/engagement.v6i2.1090. [14]
Zainal, M., Yanis, M., Putra, R. A., & Muksin, M. (2022). Peningkatan Manajemen Wisata Berbasis Teknologi Informasi di Desa Iboih, Kota Sabang. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.5452. [1

