Pengetahuan Zakat, Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Kepatuhan Berzakat

  • musviyanti universitas mulawarman
  • Khusnul Khasanah universitas mulawarman
Keywords: Akuntabilitas, Kepatuhan Berzakat, Minat Berzakat, Pengetahuan Zakat, Transparansi

Abstract

Adanya fenomena kesenjangan antara potensi zakat dan penghimpunan zakat dimana jumlah penghimpunan masih sangat kecil dibandingkan potensinya dan terjadinya fluktuasi jumlah penghimpunan zakat setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan zakat, akuntabilitas, dan transparansi pada kepatuhan berzakat. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada muzakki pada Lembaga Amil Zakat DPU Kaltim. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menemukan bahwa pengetahuan zakat, akuntabilitas dan transparansi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepatuhan berzakat. Implikasi penelitian ini adalah peningkatan pengetahuan zakat, akuntabilitas dan transparansi dapat meningkatkan motivasi dan rasa percaya muzzaki untuk terus berzakat pada lembaga zakat sebagai bentuk kepatuhan berzakat, dan akan mendorong keberlanjutan lembaga zakat dalam menjalankan misi kemanusiaannya.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211

Almarista, Y. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi minimnya minat masyarakat dalam membayar zakat melalui badan amil zakat nasional kab.pasaman. Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi.

Amelia, L., & Murtani, A. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat (Studi BAZNAS Sumatera Utara). Jurnal FEB, 1(1), 195–205.

Assagaf, M. A. (2016). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzaki Membayar Zakat (Studi Pada BAZNAS Kota Makassar Ruang Lingkup UPZ Kantor Kementerian Agama Kota Makassar). Skripsi UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6182/

Fahrani, K. G. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan muzaki dalam membayar zakat di BAZNAS Kota Depok periode 2020. Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Farhati. (2019). Pengaruh pengetahuan muzakki, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan zakat terhadap minat membayar zakat pada organisasi pengelola zakat. Doctoral Dissertation, UIN Walisongo. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10196/

Hakim, M. M. (2014). Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki di Rumah Zakat Cabang Semarang. Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Harahap, K. R. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki (Studi Kasus: Baznas Provinsi Sumatera Utara). Skripsi UIN SU Medan.

Ikhwandha, M. F. (2018). Pengaruh transparansi, akuntabilitas, kepercayaan afektif dan kognitif terhadap minat bayar zakat melalui lembaga zakat. Islam Indonesia.

Isnaini, Y. (2018). Pengaruh pengetahun zakat, tingkat pendapatan, tingkat keimanan dan kepercayaan terhadap motivasi muzakki profesi. Islam Negeri Walisongo.

Istikhomah, D. &Asrori. (2019). Pengaruh literasi terhadap kepercayaan muzaki pada lembaga pengelola zakat dengan akuntabilitas dan transparansi sebagai variabel intervening. Economic Education Analysis Journal, 8.

Jumarni. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparasi Terhadap Kepercayaan Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2684

Kurniawan, I. (2019). Pengaruh pengetahuan zakat dan kepercayaan kepada BAZNAS KABUPATEN KUANTAN SINGINGI terhadap minat muzakki membayar zakat. Universitas Islam Riau.

Nasim, A., & Romdhon, M. R. S. (2014). Pengaruh transparansi laporan keuangan, pengelolaan zakat, dan sikap pengelola terhadap tingkat kepercayaan muzakki (Studi kasus pada Lembaga Amil Zakat di Kota Bandung). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 550–561. https://ejournal.upi.edu/index.php/JRAK/article/view/6603/4481

Nuraeni, S. (2018). Pengaruh pengetahuan zakat, pendapatan, religiusitas, akuntabilitas dan transparansi pelaporan keuangan terhadap minat muzakki untuk membayar zakat penghasilan (profesi) di badan Amil zakat nasional kota Pekanbaru. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rahmah, M. S. (2019). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Zakat, Perepsi Kemudahan, Pendapatan Dan Good Governance Terhadap Minat Berzakat Di BAZIS DKI JAKARTA (Studi Pada Masyarakat Provinsi DKI Jakarta). In Skripsi.

Rusdianti, I. S., Irmadariyani, R., & Kustono, A. S. (2022). E-Finance: Mitigation of Fraud Tendency in Indonesia. IJEBD International Journal Of Entrepreneurship And Business Development, 5(3), 581-589. https://doi.org/10.29138/ijebd.v5i3.1857

Saputri, L. H. (2019). Pengaruh Ekspektasi dan Transparansi terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat di BAZNAS Kota Jambi. Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sarwono, J dan Narimawati, u. (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM) (1st ed.).

Sidiq, H. A. (2015). Pengaruh pengetahuan zakat, tingkat pendapatan, religiusitas dan kepercayaan kepada organisasi pengelola zakat terhadap minat membayar zakat pada lembaga amil zakat. Muhammadiyah Surakarta.

Published
2025-08-19
How to Cite
musviyanti, & Khasanah, K. (2025). Pengetahuan Zakat, Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Kepatuhan Berzakat. JAKUMA : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Keuangan, 6(1), 165-172. https://doi.org/10.31967/jakuma.v6i1.1541