Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Operasional, Biaya Promosi dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bei 2019-2023
Abstract
Seiring meningkatnya pertumbuhan jumlah dan pendapatan penduduk di Indonesia, volume kebutuhan terhadap makanan dan minuman terus meningkat. Dalam hal ini perusahaan didorong untuk memberikan kualitas yang sangat baik dengan harga yang relatif murah dengan cara meminimalisir biaya-biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Namun beberapa faktor tersebut termasuk mempengaruhi laba bersih suatu perusahaan diantaranya biaya produksi, biaya operasional dan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya operasional, biaya promosi dan pertumbuhan penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2023. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan populasi sebanyak 95 perusahaan dan sampel 62 perusahaan yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya produksi dengan nilai t dihitung sebesar 55,104 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Biaya operasional dengan nilai t dihitung sebesar 20,064 dan nilai signifikan 0,000 > 0,05. Biaya promosi dengan nilai t dihitung sebesar 5,955 dan nilai signifikan 0,000 > 0,05 pertumbuhan penjualan dengan nilai t dihitung sebesar 9,168 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa biaya produksi, biaya operasional, biaya promosi, dan pertumbuhan penjualan, secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih.
References
Achmad, iD. iY. iW. iT. i. i(2020). iPengaruh iBiaya iProduksi iDan iBiaya iOperasional iTerhadap iLaba iBersih iSecara iParsial iMaupun iSimultan iPada iPt. iPerkebunan iNusantara iViii iPeriode i2011-2017. iJurnal iIlmiah iAkuntansi.
Adi, iB. iP. i(2023). iPengaruh ibiaya iproduksi idan ibiaya ioperasional iterhadap ilaba ibersih i(Studi ipada iperusahaan isub isektor iMakanan idan iMinuman iyang iterdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia iTahun i2017-2021).
Aditya, iF., iSuhartono, iA., i& iSantoso, iB. i(2022). iEfisiensi iPengelolaan iBiaya iOperasional idan iImplikasinya iterhadap iLaba iBersih. iJurnal iAkuntansi iDan iKeuangan, i45, i25–38.
Amalia, idkk. i(2023). iAnalisis iPengaruh iSektor iIndustri iPangan iTerhadap iPertumbuhan iEkonomi iDi iIndonesia iTahun i2001-2022. iJurnal iIlmu iEkonomi, i4. ihttp://jurnal.unsil.ac.id/Index.Php/Welfare iISSN i2723-2212 i(MEDIA iONLINE) iISSN i2723-2220 i(MEDIA iCETAK). i
Ambri, iI, iK, iH, iP. iDamayanthi, iI, iG, iA, iE. i(2023). iImpact iof iSales iGrowth, iProfitability, iLiquidity, iand iSize ion iFirm iValue iin ithe iAutomotive iSector. iSkripsi. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2024.v34.i09.p12
Ammy, iB. i(2021). iPengaruh iBiaya iProduksi iTerhadap iLaba iBersih iPerusahaan iDengan iVolume iPenjualan iSebagai iVariabel iModerating iThe iEffect iof iProduction iCosts ion iCompany iNet iProfit iwith iSales iVolume ias ia iModerating iVariable. iSkripsi, i2, i314–325.
Annisa, iM. iL. i(2024). iAnalisis iPengaruh iBiaya iPemasaran idan iBiaya iAdministrasi idan iUmum iterhadap iLaba iBersih iPada iPerusahaan iMakanan idan iMinuman iyang iterdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia iPeriode i2022–2023. iJurnal iInovasi iDan iTren, i2, i907–915.
Chen, iY. i(2022). iAgency iTheory iand iCorporate iGovernance: iA iReview iof iRecent iDevelopments. iJournal iof iBusiness iResearch, i148, i456–464. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.03.048
Davis, ik. i(2024). iIncentives iand iOversight: iAligning iManagerial iGoals iwith iShareholder iInterests. iCorporate iGovernance iReview, i12, i101–118.
Djamalu, iN. i(2013). iPengaruh iBiaya iProduksi iterhadap iLaba iBersih ipada iPerusahaan iManufaktur iyang iTerdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia iperiode i2010-2012. iJurnal iFakultas iEkonomi iDan iBisnis.
Fajriah, iAlifatul iLaili, iAhmad iIdris, iD. iU. iN. i(2022). iPengaruh iPertumbuhan iPenjualan, iPertumbuhan iPerusahaan, iDan iUkuran iPerusahaan iTerhadap iNilai iPerusahaan. iJurnal iAkuntansi, i7(1).
Fatmawati, i& iAvriyanti, iS. i(2024). iPengaruh iBiaya iProduksi iTerhadap iLaba iBersih iPada iPerusahaan iManufaktur iSub iSektor iMakanan idan iMinuman iyang iTerdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia i(BEI) iPeriode iTahun i2018-2021. iJurnal iMahasiswa iAdministrasi iPublik iDan iAdministrasi iBisnis, i7(1), i520–531.
fatmawati idan iAvriyanti. i(2022). iPengaruh iBiaya iProduksi iTerhadap iLaba iBersih iPada iPerusahaan iManufaktur iSubsektor iMakanan iDan iMinuman iYang iTerdaftar iDi iBursa iEfek iIndonesia i(Bei) iPeriode iTahun i2018 i– i2021. iJurnal iAkuntansi, i2723–0937. ihttps://doi.org/Http://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB
Fatoni, iHamdan iA. i(2020). iPengaruh iGood iCorporate iGovernance i(GCG) iTerhadap iNilai iPerusahaan iDengan iProfitabilitas iSebagai iVariabel iMediasi i(Studi iKasus iPada iPerusahaan iBUMN iYang iTerdaftar iDi iBursa iEfek iIndonesia iTahun i2016-2018). iJurnal iAkuntansi.
Felicia iRobinhot, iG. i(2018). iPengaruh iBiaya iProduksi, iBiaya iKualitas iDan iBiaya iPromosi iTerhadap iLaba iBersih iPada iPerusahaan iManufatur iYang iTerdaftar iDi iBursa iEfek iIndonesia iPeriode i2013 i– i2015. iJurnal iAkuntansi iDan iKeuangan, i1(2622–5204).
Hair, iJ. iF., iHult, iG. iT. iM., iRingle, iC. iM., i& iSarstedt, iM. i(2023). iA iPrimer ion iPartial iLeast iSquares iStructural iEquation iModeling i(PLS-SEM) i(3rd ied.). iSAGE iPublications.
Hasbiah, iS., iHasdiansa, iI. iW., iFarhan, iA., iAswar, iN. iF., i& iHamka, iR. iA. i(2024). iPelatihan iPengolahan iData iStatistik idalam iPenelitian iBisnis iMenggunakan iAplikasi iSmartPLS. iJurnal iPengabdian iMasyarakat, i2, i240–250. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i2.4848
Hayati, iS., i& iWirananda, iH. iA. i(2025). i). iPengaruh iBiaya iOperasional iterhadap iLaba iBersih iPerusahaan iManufaktur iSektor iIndustri iMakanan idan iMinuman iyang iTerdaftar idi iBEI iTahun i2020–2022. iJurnal iAkuntansi, i9, i278–286. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.35870/emt.v9i1.3568Lembaga iKITA iJournal
Hendrawan, iY. iT. i(2021). iAntecenden idan iKonsekuensis iFinancial iDistress i(Studi iEmpiris iPerusahaan iManufaktur iyang iterdaftar idi iBEI). ihttp://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24920%0Ahttp://repository.unissula.ac.id/24920/2/31401700316_fullpdf.pdf
Hidayanti, iF., iYahdi, iM., i& iDP, iR. iW. i(2019). iPengaruh ivolume ipenjualan idan ibiaya ioperasional iterhadap ilaba ibersih iperusahaan i(Studi iempiris ipada iperusahaan imanufaktur isub isektor imakanan idan iminuman iyang iterdaftar idi ibursa iefek iIndonesia iTahun i2012-2016). iCounting: iJournal iof iAccounting, i1(3), i88–89.
Jacqueline, iG., iSenjaya, iY. iP. iA., iFirli, iM. iZ., i& iYadila, iA. iB. i(204 iC.E.). iApplication iof iSmartPLS iin iAnalyzing iCritical iSuccess iFactors ifor iImplementing iKnowledge iManagement iin ithe iEducation iSector. iAPTISI iTransactions ion iManagement i(ATM, i8(1), i49–57. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.33050/atm.v8i1.2201ResearchGate+1iLearning iJournal iCenter+1
Janurini, iN, iW, iP., iSuryantari, iE, iK. iWasita, iP, iA, iA. i(2024). iPengaruh iBiaya iProduksi idan iBiaya iOperasional iterhadap iLaba iBersih iPerusahaan iManufaktur. iUniversitas iDhyana iPura. iJAKADARA: iJURNAL, i3. ihttps://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/issue/view/202
Jensen, iM. iC., i& iMeckling, iW. iH. i(1976). iTheory iof ithe iFirm: iManagerial iBehavior, iAgency iCosts iand iOwnership iStructure. iJournal iof iFinancial iEconomics, i3(305–360). ihttps://doi.org/https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X
Kasmir. i(2021). iPengaruh iBiaya iProduksi iterhadap iLaba. iAnalisis iLaporan iKeuangan. iDepok: iPT. iRajagrafindo iPersada.
Kurniaty, iY. i(2023). iPengaruh iKarakteristik iPerusahaan iTerhadap iTax iAvoidance iDengan iCorporate iSocial iResponsibility iSebagai iVariabel iIntervening. i1–100.
Lee, iJ., i& iKim, iS. i(2023). iAligning iManagerial iIncentives iwith iShareholder iInterests: iAn iAgency iTheory iPerspective. iCorporate iGovernance iInternational iJournal, i31, i112–130. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.1108/CGIJ-03-2023-0124
Lisan, iI., i& iHambali, iH. i(2020). iMekanisme iPengawasan iTerhadap iEfisiensi iBiaya iPromosi idan iDampaknya iTerhadap iLaba. iJurnal iAkuntansi iDan iKeuangan.
Lisna, iT., i& iHambali, iD. i(2020). iengaruh iBiaya iProduksi iterhadap iLaba. iPerusahaan. iJakarta: iPenerbit iXYZ.
Lisna, iT., i& iHambali, iD. i(2020). iPengaruh iBiaya iProduksi i, iHarga iJual idan iVolume iPenjualan iTerhadap iLaba iBersih i( iStudi iKasus iPerusahaan iPertambangan iBatubara iyang iTerdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia iPeriode i2014 i– i2017 i) iJurnal iEkonomi idan iBisnis iIndonesia. iJurnal iEkonomi iDan iBisnis iIndonesia, i05(02), i41–49.
Mulyadi. i(2019). iPengaruh iBiaya iProduksi idan iBiaya iPromosi iTerhadap iLaba iUsaha. iUPP iSTIM iYKPN.
Mulyana, iA. i(2027). i). iPengaruh iBiaya iProduksi idan iBiaya iPromosi iTerhadap iLaba iUsaha iSamsung iCo iTahun i2009-2015 iFakultas iEkonomi iUniversitas iNurtanio iBandung. iJurnal iManajemen iIndonesia, i17(1411–7835), i185–196.
Mulyono, iP. i(2021). iPengaruh iBiaya iOperasional iTerhadap iLaba iPada iPerusahaan iSubsektor iMakanan iDan iMinuman. iGadjah iMada iUniversity iPress.
Musdilawati, iA. i(2019). iPengaruh iHarga iJual idan iBiaya iPromosi iTerhadap iVolume iPenjualan. iJurnal iAkuntansi.
Nahak, iF, iM, iT. i(2023). iProfitabilitas iMerupakan iSinyal iPenting iYang iMenjelaskan iNilai iPerusahaan. iJurnal iAkuntansi idan iManajemen. iJurnal iAkuntansi, i34, i113–128. ihttps://doi.org/10.53916/jam.v34i2.111
Nainggolan, iE. iP., i& iFebriansyah, iA. iR. i(2021). iPengaruh iRasio iProfitabilitas idan iBiaya iOperasional iterhadap iPPh iBadan iTerutang ipada iPerusahaan iSub iSektor iMakanandan iMinuman iyang iTerdaftar idi iBEI iTahun i2015-2019. iJurnal iAkuntansi, i1, i27–33.
Natanagara, iD., i& iTerawati, iM. iT. i(2023). iPengaruh ibiaya ioperasional iterhadap ilaba iada iperusahaan isubsektor imakanan idan iminuman i(studi ikasus iBursa iEfek iIndonesia). iProsiding, i6681(6), i65–72.
Natanagara idan iTerawati. i(2023). iPengaruh iBiaya iOperasional iTerhadap iLaba iPada iPerusahaan iSubsektor iMakanan iDan iMinuman i(Studi iKasus iBursa iEfek iIndonesia). iJurnal iAkuntansi iDan iKeuangan, i65, i1.
Nu’man, iM. i(2023). iPENGARUH iBIAYA iPRODUKSI, iBIAYA iOPERASIONAL, iDAN iVOLUME iPENJUALAN iTERHADAP iLABA iBERSIH iPADA iPERUSAHAAN iMAKANAN iDAN iMINUMAN iYANG iTERDAFTAR iDI iBURSA iEFEK iINDONESIA. iAleph, i87(1,2), i149–200. ihttps://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C iLUCINEIA iCARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees
Nursita, iM. i(2021). iPengaruh iLaba iAkuntansi, iArus iKas iOperasi, iArus iKas iInvestasi, iArus iKas iPendanaan, iDan iUkuran iPerusahaan iTerhadap iReturn iSaham. iJurnal iRiset iAkuntansi, i16, i1. ihttps://doi.org/10.32400/Gc.16.1.32435.2021.
Paramida, iN., i& iRachmawati, iT. i(2024). iPengaruh iBiaya iProduksi, iBiaya iOperasional, idan iVolume iPenjualan iTerhadap iLaba iBersih ipada iSektor iIndustri iFood iand iBeverage idi iPerusahaan iyang iTerdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia iTahun i2021–2023. iJurnal iEkonomi iDan iPerbankan iSyariah, i9. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.30651/jms.v9i5.24957JUM iSurabaya iJournal
Pasaribu, iE,M,W,. iHasanuh, iN. i(2021). iPengaruh iBiaya iProduksi iDan iBiaya iOperasional iTerhadap iLaba iBersih iEffect iOf iProduction iCosts iAnd iOperational iCosts iOn iNet iIncome. iJournal iof iEconomic, iBusiness iand iAccounting, i4(2597-5234 i731).
Pertiwi, iM., i& iSari, iD. i(2023). iAgency iCost iand iFirm iPerformance: iThe iRole iof iOperating iExpenses iEfficiency. iJurnal iEkonomi iDan iBisnis, i26, i112–125.
Pratama, iA., i& iSari, iR. i(2022). iEfektivitas iPengelolaan iBiaya iPromosi iTerhadap iPeningkatan iLaba iBersih. iJurnal iIlmu iManajemen, i9, i112–123.
Pratama, iB.Y., i& iYunita, iI. i(2023). iPromotional iCost iManagement iand iAgency iProblems iin iFirms. iJurnal iManajemen iKontemporer, i8, i30–34.
Puspita, iEka iDian, iIlvi iNur iWidiana, iRofiatul iAdwiyah iMufidah, iM. iMaulana, iD. iM. iA. iA. iF. i(2023). i“Pengaruh iBiaya iProduksi iDan iBiaya iOperasional iTerhadap iLaba iBersih iMelalui iVolume iPenjualan iDi iUd. iGajah iTempur. iJurnal iAkuntansi iDan iKeuangan, i1(5).
Putri, iD., i& iNugroho, iA. i(2023). iAgency iTheory iand ithe iImpact iof iNet iProfit ion iShareholder iValue. iJurnal iEkonomi iBisnis iDan iAkuntansi, i30(4), i76–90.
Putri, iA. i(2022). iPengaruh iBiaya iPromosi iTerhadap iKinerja iKeuangan iPerusahaan. iJurnal iEkonomi idan iBisnis. iJurnal iAkuntansi iDan iKeuangan, i8(1), i45–58.
Putri, iL. iA., i& iSuzan, iL. i(2021). iPENGARUH iBIAYA iOPERASIONAL, iBIAYA iPRODUKSI, iDAN iVOLUME iPENJUALAN iTERHADAP iLABA iBERSIH i(Studi iPada iPerusahaan iManufaktur iSub iSektor iFarmasi iYang iTerdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia iPeriode i2015-2019). iE-Proceeding iof iManagement, i8(6), i8196–8203.
Putri, iS. iP. i(2022). iPengaruh iBiaya iProduksi idan iBiaya iPromosi iterhadap iLaba ipada iPerusahaan iMakanan idan iMinuman iyang iTerdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia i(BEI). iJurnal iAkuntansi, i1(1), i38–45.
Putri, iS. iP. i(2023). iPengaruh iBiaya iProduksi idan iBiaya iPromosi iterhadap iLaba ipada iPerusahaan iMakanan idan iMinuman iyang iTerdaftar iDi iBusra iEfek iIndonesia i(BEI). iJurnal iManajemen, iHukum iDan iSosial, i1(1), i35–40. ihttps://doi.org/10.30596/jmhs.v1i1.11
Raharjo, iR. iS. iP. i(2021). iLaba iperusahaan i( istudi ikasus ipada iperusahaan ifood iand ibeverages iyang iterdaftar idi iBEI iTahun i2013 i- i2019 i). iJurnal iAkuntansi iDan iKeuangan. ihttp://repository.unimus.ac.id/5451/1/halaman idepan.pdf. i
Rahmany, iR. iN., iNurlita, iA., iEkonomi, iF., iIlmu, iD., iUin, iS., i& iRiau, iS. i(2024). iKimia iYang iTerdaftar iDi iBursa iEfek iIndonesia iTahun i2020-2022). iJurnal iEkonomi iDan iIlmu iSosial i(JEIS), i03, i107–121.
Rahmawati, iT., i& iHandayani, iS. iR. i(2023). iPengaruh iBiaya iProduksi idan iBiaya iOperasional iterhadap iProfitabilitas. iJurnal iAkuntansi iDan iKeuangan, i20(1), i45–58.
Ramadhan, iR., iRismadi, i& iNurahma, iS. i(2024). iPengaruh iBiaya iProduksi idan iBiaya iPromosi iTerhadap iLaba iBersih iPerusahaan iPada iPerusahaan iSub iSektor iFood iand iBeverage iYang iTerdaftar iDi iBursa iEfek iIndonesia iPeriode i2019–2022. iJurnal iIlmiah iAkuntansi, i8, i45–53. ihttps://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jia/article/view/281
Ramadhan, iH. i(2023). iKonflik iAgensi idan iPengelolaan iBiaya iOperasional idalam iPerusahaan. iRamadhan, iH., i39, i200–215.
Ramadhan, iM. i(2023). iAnalisis iPengaruh iBiaya iPromosi iTerhadap iLaba iBersih iPerusahaan. iJurnal iManajemen iStrategis. iJurnal iManajemen iStrategis, i7, i70–80.
Risdaini, iY., iSuryati, iA., iWiyani, iN. iT., i& iArigawati, iD. i(2024). iPengaruh iBiaya iOperasional idan iPertumbuhan iPenjualan iTerhadap iLaba iBersih ipada iPerusahaan iSub iSektor iFood iand iBeverages iyang iTerdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia iTahun i2019–2023. iJurnal iEkonomi, iManajemen, iAkuntansi, i3(6), i2122–2133. ihttps://doi.org/10.56799/ekoma.v3i6.5292 i• i
Risdaini, idkk. i(2024). iPengaruh iBiaya iOperasional idan iPertumbuhan iPenjualan iTerhadap iLaba iBersih ipada iPerusahaan iSub iSektor iFood iand iBeverages iyang iTerdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia iTahun i2019–2023. iJurnal iEkonomi, iManajemen, iAkuntansi, i3.
Risdaini, iY., iSuryati, iA., iWiyani, iN. iT., i& iArigawati, iD. i(2024). iPengaruh iBiaya iOperasional idan iPertumbuhan iPenjualan iTerhadap iLaba iBersih ipada iPerusahaan iSub iSektor iFood iand iBeverages iyang iTerdaftar idi iBursa iEfek iIndonesia iTahun i2019–2023. iEKOMA : iJurnal iEkonomi, iManajemen, iAkuntansi, i3(6), i1–12.
Santri iMamonto, iMuhammad iAmir iArham, i& iFitri iHadi iYulia iAkib. i(2024). iPengaruh iNilai iTambah iSektor iIndustri, iSektor iManufaktur, iSektor iPertanian, idan iSektor iJasa iTerhadap iPendapatan iNasional iBruto idi iIndonesia iPeriode i1992-2022. iProfit: iJurnal iManajemen, iBisnis iDan iAkuntansi, i3(3), i193–215. ihttps://doi.org/10.58192/profit.v3i3.2367
Saputri, iR., i& iMahardika, iH. i(2023). iSales iGrowth iand iAgency iConflict iin iEmerging iMarkets. iInternational iJournal iof iFinancial iStudies, i11.
Sari, iFarah iMeinda, iD. iA. iM. i(2022). iPengaruh iBiaya iProduksi iDan iBiaya iOperasional iTerhadap iLaba iBersih iPada iPt. iMayora iIndah iTbk iTahun i2011-2020. iJurnal iEkonomi iDan iBisnis, i1.
Sari, iN. iRimawan, iM. i(2020). ihttps://doi.org/10.34010/jika.v9i2.2897EFISIENSI iBIAYA iOPERASIONAL iTERHADAP iPENINGKATAN iLABA iBERSIH. iJurnal iIlmu iKeuangan iDan iPerbankan, i9, i107–116. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.34010/jika.v9i2.2897
Smith, iR. i(2024). iModern iApplications iof iAgency iTheory iin iStrategic iManagement. i. i. iStrategic iManagement iReview, i45, i22–39.
Soleha iWinny iAdihesti. i(2022). iPengaruh iBiaya iProduksi idan iBiaya iPromosi iTerhadap iLaba iBersih iPerusahaan iPada iPerusahaan iManufaktur iSektor iKonsumsi iYang iTerdaftar iPada iBEI i2016-2020. iJurnal iIlmiah iIlmu iManajemen iMagister, i01, i34–46.
Sopiah. i(2024). iPengaruh iBiaya iPromosi idan iBiaya iOperasional iTerhadap iLaba iBersih. iJurnal iAkuntansi iKontemporer, i10, i34–46.
Subramanyam, iK. iR., i& iWild, iJ. iJ. i(2023). i10(1), i34-46. iSubramanyam, iK. iR., i& iWild, iJ. iJ. i(2023). iFinancial iStatement iAnalysis. i13th iEdition. iNew iYork: iMcGraw-Hill iEducation.
Sujarweni, iW. i(2022). iAkuntansi iBiaya.
Suryani, iR. i(60 iC.E.). iBiaya iOperasional idan iProfitabilitas iPerusahaan: iPengaruhnya iTerhadap iLaba iBersih. iJournal iof iBusiness iand iFinance, i45–59.
Susanto, iR., i& iPutri, iL. i(2022). iPengelolaan iBiaya iOperasional idan iTeori iAgensi: iPengaruhnya iTerhadap iKinerja iKeuangan iPerusahaan. iJurnal iEkonomi idan iBisnis,. iJurnal iEkonomi iDan iBisnis, i47, i87–99.
Sutisna, iR., iGunawan, iA., i& iRizki, iA. i(2024). i(2024). iAgency iTheory iPerspective ion iCorporate iGovernance iand iFirm iValue. iJurnal iEkonomi iDan iBisnis iIslam, i4, i56–68.
Wahyuni, iE. i(2021). iBiaya iPromosi idan iDampaknya iTerhadap iLaba iBersih iPada iPerusahaan iSektor iKonsumsi. iJurnal iRiset iEkonomi iDan iBisnis, i6, i210–220.
Warits, iM, iA, iA. iSadikin, iD, iS. i(2023). iPengaruh iPertumbuhan iBiaya iProduksi iDan iBiaya iPromosi iTerhadap iPertumbuhan iLaba iBersih iDan iPenjualan. iIndonesia iBanking iSchool. iWarits, iM, iA, iA. iSadikin, iD, iS, i1.
wijoyo idalam iKurniati, iK. i(2020). iPengaruh ipengawasan idan ikepuasan ikerja iterhadap idisiplin ikerja ikaryawan ibagian iproduksi ipada ipt.sari ilembah isubur. iSkrips, i1–131.
Wild, iJhon iJ, iD. i(2005). iFINANCIAL iSTATEMENT iANALYSIS, iSalemba iEmpat, iJakarta.
Copyright (c) 2025 Baharudin Yusuf Putra Ardiansyah, Ninik Mas’adah, Devi febrianti, Suryani Yuli Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.