Pendampingan Strategi Pemasaran Umkm “Tempe Asli Merpati” Guna Meningkatkan Omset Penjualan Di Desa Cakring Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

  • Hayatul Maspufah Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Agustin HP Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Mustofa Mustofa Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Ihrom Caesar Ananta Putra Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Haifah Haifah Institut Teknologi dan Sains Mandala
Keywords: UMKM, Strategi Pemasaran, Pendampingan Keuangan

Abstract

UMKM  Tempe Asli Merpati merupakan salah satu UMKM yang memulai usahanya sejak tahun 2015 berada di  Jl. Merpati desa cangkring Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, UMKM tempe mempunyai keterbatasan pengetahuan tentang strategi pemasaran serta keterbatasan pengetahuan tentang pencatatan keuangan serta laporan keuangan, sehingga kurang mampu menjawab berapa laba yang didapatkan dari hasil usahanya, oleh karena itu untuk menjawab permasalahan yang dihadapi UMKM dilakukan kegiatan pendampingan strategi di bidang pemasaran dengan cara melakukan pendampingan dalam hal ini memberikan bantuan kemasan plastik tempe serta membuatkan label dan nama UMKM menjadi UMKM tempe asli merpati dengan tujuan agar setiap konsumen yang membeli produk tempe akan lebih mudah mendapatkan kembai produk tempe yang diproduksi oleh UMKM. Kegiatan lain yang dilakukan dengan memberikan pendampingan pencatatan laporan keuangan sederhana.

Published
2023-08-09
Section
Articles