Kinerja Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kerajinan Batu Alam (Gemstone) Di Kecamatan Patrang Jember

  • Amien Pudjanarso STIE Mandala Jember
  • Hayatul Maspufah STIE Mandala Jember

Abstract

Marketing mix consisting of a variable product, price, place, and promotion. This study aimed (1) to determine the effect of product variables (X1), price(X2), place (X3), and promotion (X4) on consumer purchasing decisions (Y) UKM Jamal Gemstone simultaneously or partially. (2) To determine which variables are the most dominant on consumer purchasing decisions UKM Jamal Gemstone. By using descriptive and analytical methods. The analytical tool used in this study are as follows : (1). classical assumption ( normality test, multicolinearity test, heterokedastisitas test), (2). Hypothesis testing ( Multiple Linier Regression Analysis, test F, test t, Analysis Of The Coefficient Of Determination (R2 )). The results of the study showed that all marketing mix variables (independent) positif and significant impact on consumer purchasing decisions (dependent). Results of F count of 65,872 with a significance level 0,000 < 0,05 supported test results of determination (R2 ) of 0,724 this means it has been explained that the marketing mix 72,4% influence the consumer’s decision 27,6% influence by other variables. The results of the test t variables that influence the price.

References

Ferdinand, Augusty. 2002. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam, 2013, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler,Philip dan Keller, Kevin Line. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13, Jilid 1, Terjemahan, Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Machfoedz, Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern, Edisi 1, Yogyakarta : PT ANDI.

Mudasir. 2010. Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket Utama Raya Bondowoso. Dari Penelitian Tersebut Dapat Diambil Kesimpulan Bahwa Secara Simultan Atas Bauran Bauran Variabel Produk, Harga, Tempat, Promosi, Pelaku, Proses, Dan Bukti Fisik (studi kasus di supermarket utama raya Bondowoso). Skripsi, Program Studi Sarjana Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember.

Dhania Widya. 2012. Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Honda Pada PT. Central Sakti Motor Cabang Wonogori. Skripsi, Program Studi Sarjana Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jember

Mustika, Ratna. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Berbelanja Pada Swalayan Elmuna Putra Trenggalek. Skirpsi, Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sepuluh September.

Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-2. Bandung: PT. Alfabeta.

Tjiptono F., Gregorius C., Dedi A. 2008. Pemasaran Strategik. Edisi 1. , Yogyakarta : ANDI OFFSET

Published
2019-02-04
How to Cite
Pudjanarso, A., & Maspufah, H. (2019). Kinerja Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kerajinan Batu Alam (Gemstone) Di Kecamatan Patrang Jember. RELASI : JURNAL EKONOMI, 15(1), 95 - 112. https://doi.org/10.31967/relasi.v15i1.303
Section
ECONOMIC