Efektivitas Online Advertising Melalui Platform Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Toko Harapan Jaya Jember
Abstract
Di era digital, pemasaran berbasis media sosial menjadi strategi yang semakin diandalkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas online advertising melalui platform Instagram dalam meningkatkan brand awareness pada Warung Kopitiam Harapan Jaya di Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, serta analisis data Instagram Insights. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram Ads berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan brand awareness, dengan peningkatan interaksi pelanggan serta jumlah pengikut yang bertambah dalam satu bulan setelah pelaksanaan iklan. Analisis regresi linier menggunakan Warp PLS 7.0 menunjukkan bahwa online advertising memiliki pengaruh positif terhadap brand awareness dengan kontribusi sebesar 97%. Hasil ini menegaskan bahwa strategi pemasaran digital melalui Instagram merupakan metode yang efektif bagi UMKM dalam meningkatkan visibilitas dan daya saing. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pelaku usaha untuk mengoptimalkan strategi konten visual dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan guna mencapai hasil pemasaran yang lebih optimal.
References
Annur, C. M. (2023). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Teknologi-Telekomunikasi/Statistik/16d2a8a4aaa0bc2/Indonesia-Jadi-Negara-Dengan-Pengguna-Instagram-Terbanyak-Ke-4-Di-Dunia?Utm_source=chatgpt.Com.
Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1
Aun Ramlah Maharani, Ponirin Ponirin, Ira Nuriya Santi, & Rian Risendy. (2024). Efektivitas Penggunaan Iklan Instagram sebagai Media Promosi UMKM. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 213–226. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.866
Hikmat, R. F., Agriawan, M., & Utama, S. (2024). STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI BISNIS KULINER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSTAC (STUDI KASUS DI WARUNG MAKAN DJAGO JOWO). In Jurnal Pro Bisnis (Vol. 17, Issue 2).
Ingrassia, M., Bellia, C., Giurdanella, C., Columba, P., & Chironi, S. (2022). Digital Influencers, Food and Tourism—A New Model of Open Innovation for Businesses in the Ho.Re.Ca. Sector. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(1). https://doi.org/10.3390/joitmc8010050
Paramitha, H., & Doho, Y. D. B. (2021). Pengaruh Konten Instagram Ads @Luxebarbershop Terhadap Peningkatan Brand Awareness. Journal of Research on Business and Tourism, 1(2), 119. https://doi.org/10.37535/104001220213
Park, C. I., & Namkung, Y. (2022). The Effects of Instagram Marketing Activities on Customer-Based Brand Equity in the Coffee Industry. Sustainability (Switzerland), 14(3). https://doi.org/10.3390/su14031657
Pessala, I. (n.d.). User experiences and efficiency of Instagram Advertising.
Romadhona, A., & Febriyani Putri, F. (2025). ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI AKUN INSTAGRAM INFOKRIAN UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM. In Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) (Vol. 6, Issue 1).
Shandy, V. M., Mulyana, A., & Harsanto, B. (2023). Social media richness, brand equity, and business performance: An empirical analysis of food and beverage SMEs. Cogent Business and Management, 10(2). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2244211
Sharabati, A. A. A., Ali, A. A. A., Allahham, M. I., Hussein, A. A., Alheet, A. F., & Mohammad, A. S. (2024). The Impact of Digital Marketing on the Performance of SMEs: An Analytical Study in Light of Modern Digital Transformations. Sustainability (Switzerland), 16(19). https://doi.org/10.3390/su16198667
Tri Swastika, M. (2024). Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Penggunaan Pembayaran Cashless pada UMKM Kedai Kopi Jember. EKOMA : Jurnal Ekonomi, 4(1)
Copyright (c) 2025 Melur Tri Swastika; Muhammad Rapita Kun Panuluh, Alvira Dwi Pertiwi, Yoanes Advendheos Hale, Irvan Faris Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.