Pengaruh Kualitas Layanan dan Acsescebility Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif untuk mengukur pengaruh antar varabel. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan acsescebility terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini penduduk kabupaten jember pada periode tahun 2023 yaitu 2.584.233 jiwa, sampel penelitian ini adalah 170 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan accidental sampling. Analisis data dan permodelan persamaan struktural dengan menggunakan software Warp PLS 6.0. Hasil penelitian H1 membuktikan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat, H2 membuktikan acsescebility berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat.
References
A, Taufiqurokhman dan Satispi, E. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. UMJ PRESS.
Arianto, N. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 1(2): 123-134.
Atmaja Jaka 2018. Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodomica Vol.2, No. 1, April 2018.
Chen, Yu Shan dan Ching H Chang. 2012. Enhance Green Purchase Intentions: The Role of Green Perceived Value, Green Perceived Risk, and Green Trust. Journal Management Decision. Volume 50 Nomor 2 Tahun 2012. 0025- 1747
Creswell, John W. 2017. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantittatif dan Campuran. Yogya: Pustaka Pelajar
Hair, Joseph E, Jr et al. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeeling {PLS-SEM). SAGE Publications,Inc. California. USA.
Hamsia, Maradita F, Rusni A.2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Perumda Air Minum Batulanteh Cabang Sumbawa. Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 3, No. 2.
Hashem (2015). The Impact Of Quality Of Services In The Car Rental Companies On Customer Satisfaction. Journal of International Scientific Publications Economy & Business ISSN 1314-7242, Volume 9.
Horsu, Emmanuel Nondzor, and Solomon Tawiah Yeboah, Influence of Service Quality on Customer Satisfaction: A Study of Minicab Taxi Services in Cape Coast, Ghana‟, International Journal of Economics, Commerce and Management, III.5 (2015), 1451–64 http://ijecm.co.uk/wpcontent/uploads/2015/05/3595.pdf
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran Edisi 1. Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Normasari, s. (2013). “Pengaruh Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan (Survey pada tamu pelanggan yang menginap di Hotel Pelagi Malang). Jurnal administrasi bisnis vol 6 no 1.
Oliver, R. L. (2014). Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer Routledge.
Prajalani, Y N. H., & Himawanto, D. A. (2017). Aksesibilitas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Sukoharjo. Indonesian Journal of Disabillity Studies (IJDS), 04 (02): 87-95.
Rahhal (2015). The Effects of Service Quality Dimensions on Customer Satisfaction: An Empirical Investigation in Syrian Mobile Telecommunication Services. International Journal of Business and Management Invention ISSN (Online): 2319 – 8028, ISSN (Print): 2319 – 801X, Volume 4 Issue 5, May. 2015, PP-81-89.
Sefaji, Ghavi Yuda., Soedwiwahjono., dan Nurhadi, Kuswanto. 2018. Kesiapan Aksesbilitas Stasiun Solo Balapan dalam Melayani Trayek Kereta Api Penghubung Bandara Adi Soemarmo dan Kota Surakarta. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif. 13(1), 51-54.
Sholihin, Mahfud, and Dwi Ratmono. 2013. Analisis SEM-PLS Dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Stantia, Yesi Agustin. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Emotional Factor Terhadap Kepuasan Konsumen Batik Gajah Mada di Cv. Saha Perkasa Gajah Mada Tulungagung. Jurnal Manajemen. Vol. 2, No. 3: 1-12.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.
Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Titik Wijayanti, 2017, Marketing Plan dalam Bisnis, PT Gramedia, Jakarta
Tjiptono dan Chandra. (2018). Strategi Pemasaran, Andi
Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono. 2017 Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Copyright (c) 2025 nugroho edie santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.