JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen <p>JMBI: Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen, Institut Teknologi dan Sains Mandala. JMBI terbit dua kali dalam satu tahun (Januari-Juni, Juli-Desember). JMBI merupakan media publikasi ilmiah baik berupa kajian literature maupun penelitian lapang terkait ruang lingkup manajemen dan informatika.</p> en-US rizabahtiars@itsm.ac.id (Riza Bahtiar Sulistyan) wiwik@itsm.ac.id (Wiwik Fitria Ningsih) Tue, 24 Dec 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH STORE ATMOSPHERE, HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NINGNONG COFFEE AND RESTO UMBULSARI JEMBER https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1331 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh <em>Store Atmosphere</em>, Harga, Kualitas Produk, Dan Keberagamn Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Kasus Pada Konsumen Ningnong Coffee dan Resto Umbulsari Jember, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian di Ningnong Coffee And Resto Umbulsari Jember. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah sebanyak 50 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 20. Uji yang digunakan yaitu uji instrumen data (uji validitas dan uji reliabiitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), analisis linear berganda, koefisien determinasi (R<sup>2</sup>), uji hipotesis ( uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan&nbsp; bahwa secara parsial&nbsp; <em>store atmosphere </em>&nbsp;berpengaruh signifikan&nbsp; terhadap keputusan pembelian, secara parsial harga&nbsp; tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial keberagaman produk berpengaruh signifikan&nbsp; terhadap keputusan pembelian, dan secara simultan&nbsp; <em>store atmosphere</em>, harga, kualitas produk, dan keberagaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Ningnong Coffee And Resto Umbulsari Jember.</p> Maulidiyah Nursafitri, Yani Dahliani, Bagus Qomaruzzaman Ratu Edi Copyright (c) 2024 JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1331 Thu, 30 Jan 2025 22:25:05 +0700 ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA ITSM TERHADAP KONSUMEN DALAM MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM SHOPEE https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1332 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa ITSM terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di platform Shopee. Dalam era digital, e-commerce menjadi pilihan utama bagi konsumen, dan pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian menjadi sangat penting bagi para pelaku bisnis. data dikumpulkan dari mahasiswa ITSM untuk mengevaluasi persepsi mereka terhadap kemudahan penggunaan, promosi, keamanan transaksi, dan ulasan produk.. Observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data untuk pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. 13 mahasiswa ITSM yang sering berbelanja online di platform Shopee menjadi sampel penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai faktor, termasuk keseimbangan usia dan gender dalam lingkungan ITSM, program studi (prodi) yang mempengaruhi persepsi dan preferensi belanja mahasiswa, dan berbagai perilaku mahasiswa dalam berbelanja online.</p> Musleh Yadi, Karim Budiono, Hamzah Fansuri Jusuf Copyright (c) 2024 JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1332 Thu, 30 Jan 2025 22:28:11 +0700 PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PADA BAJU THRIFT DI DANDASAYUDHA STORE KABUPATEN SITUBONDO https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1333 <p>Penelitian ini berjudul “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada baju Thrift di Dindasayudha Store Kabupaten Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak langsung dari dimensi harga, kualitas produk, promosi terhadap keputusan pembelian serta pengaruhnya terhadap minat beli sebagai variabel intervening pada baju thrift di Dindasayudha Store Kabupaten Situbondo. Sampel yang digunakan sebanyak 75 responden di dapat dengan rumus ferdinand. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS 20. Uji yang digunakan yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), uji t, uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga terdapat pengaruh secara langsung terhadap minat beli. Sedangkan kualitas produk dan promosi tidak terdapat pengaruh secara langsung terhadap minat beli. Kemudian tidak terdapat pengaruh secara langsung harga, promosi terhadap keputusan pembelian, sedangkan untuk kualitas produk terdapat pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Untuk harga berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, sedangkan kualitas produk dan promosi tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada baju thrift di Dinadasayudha.</p> Zamratun Nurise, Suwignyo Widagdo, Dedy Wijaya Kusuma Copyright (c) 2024 JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1333 Thu, 30 Jan 2025 22:30:35 +0700 PENGARUH WORD OF MOUTH, DESAIN PRODUK, HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANNA ART GALLERY AMBULU JEMBER https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1334 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, desain produk, harga, lokasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Anna Art Gallery Ambulu Jember baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli di Anna Art Gallery Ambulu Jember. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu insidental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 85 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 20. Uji yang digunakan yaitu uji instrumen data, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, namun word of mouth, desain produk, lokasi dan kualitas produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian sedangkan word of mouth, desain produk, harga, lokasi dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Anna Art Gallery Ambulu Jember.</p> Novita Ayu Anggraini, Hamzah Fansuri Jusuf, Nely Supeni Copyright (c) 2024 JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1334 Thu, 30 Jan 2025 22:33:22 +0700 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, CITRA MEREK, PROMOSI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SUPERMARKET GRAHA MULIA PROBOLINGGO https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1335 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek, Promosi, dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pelanggan Supermarket Graha Mulia Probolinggo. Pemasaran mempunyai peran penting untuk berkembangnya perusahaan. Pada era globalisasi saat ini, perkembangan usaha sangat pesat dan ditandai dengan persaingan bisnis yang sangat ketat, apalagi hubungan antara retail dan perdagangan eceran yang sangat erat. Salah satu bisnis ritel yang berkembang pesat saat ini adalah Supermarket. Banyak supermarket yang menawarkan berbagai layanan dan menjadi lebih terorganisir. Keberhasilan ritel didasarkan pada penyediaan barang-barang penting bagi pelanggan dengan harga yang terjangkau terlepas dari kualitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari hasil penyebaran kuesioner terhadap 60 responden, observasi, wawancara, study pustaka. Metode pengolahan data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan analisis SPSS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan hasil menunjukkan bahwasannya variabel Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sementara variabel Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek, dan Kualitas Informasi tidak berpengaruh secara signifikan.</p> Deva Fitria Ningsih, Hary Sulaksono, Tamriatin Hidayah Copyright (c) 2024 JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1335 Thu, 30 Jan 2025 22:35:56 +0700 PENGARUH HARGA, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PADA MARKETPLACE TIKTOK SHOP DI JEMBER https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1336 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, online customer review, content marketing terhadap keputusan pembelian serta pengaruhnya terhadap minat beli sebagai variabel intervening pada marketplace Tiktok shop. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Tiktok shop di kecamatan kencong kebupaten Jember dengan sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan SPSS 20. Uji yang digunakan yaitu uji instrument data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji t) dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) dan content marketing (X3) berpengaruh positif secara langsung terhadap minat beli (Z), sedangkan online customer review (X2) tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat beli (Z). Selain itu harga (X1), online customer review (X2) dan minat beli (Z) berpengaruh positif secara langsung terhadap keputusan (Y), sedangkan content marketing (X3) berpengaruh negatif secara langsung terhadap keputusan pembelian (Y). Kemudian minat beli (Z) mampu memediasi harga (X1) dan content marketing (X3) terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan online customer review (X2) berpengaruh negatif secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian (Y) melalui minat beli (Z) pada pada marketplace Tiktok shop di Jember</p> Novi Yosi Inkasari, Haifa Haifa, Hayatul Maspufah Copyright (c) 2024 JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1336 Thu, 30 Jan 2025 22:38:21 +0700 PENGARUH MOTIVASI, KONTRAK PSIKOLOGIS, BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN PT. ASTRA JUOKU INDONESIA, KARAWANG https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1337 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi, kontrak psikologis, budaya organisasi, fasilitas kerja dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan pada perusahaan PT. Astra Juoku Indonesia, Karawang. Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner pada objek penelitian dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah karyawan PT. Astra Juoku Indonesia, Karawang dengan jumlah responden sebanyak 60. Analisis data menggunakan Uji Validitas, UJi Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji t dan Uji f menggunakan program SPSS 22. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh parsial dan simultan variabel motivasi, kontrak psikologis, budaya organisasi, fasilitas kerja, dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan motivasi, kontrak psikologis, budaya organisasi, fasilitas kerja dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial variabel budaya organisasi, dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel motivasi, kontrak psikologis, dan fasilitas kerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan.</p> Gusti Gede Avant Senkliawan Rahmandani, Tamriatin Hidayah, Saiful Amin Copyright (c) 2024 JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika https://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/1337 Thu, 30 Jan 2025 22:40:48 +0700