Pengaruh Strategi Internet Marketing Terhadap Minat Pembelian di Aplikasi Tiktok dengan Electronic Word Of Mouth Sebagai Variabel Moderasi

  • Muzakkir Akbar Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera
  • Prantiastio Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera
  • Muhammad Rasyd Ridho Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera
  • Rohmadi Institute Teknologi Muhammadiyah Sumatera
Keywords: eWOM, Minat Pembelian, Strategi Internet Marketing, Theory of Planned Behavior

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengeksplor minat pembelian produk fashion muslim di aplikasi tiktok diseluruh Indonesia khususnya laki laki yang masih di era generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui penggunaan data primer. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel influencer marketing, persepsi harga dan kemudahan bertransaksi terdapat pengaruh terhadap minat pembelian produk fashion muslim di aplikasi tiktok. Sedangkan variabel sikap konsumen, norma subjektif dan kontrol perilaku tidak adanya pengaruh terhadap minat pembelian produk fashion muslim di aplikasi tiktok. Selanjutnya untuk untuk varibel moderasi sikap konsumen, norma subjektif dan perilaku kontrol, berpengaruh terhadap minat pembelian produk fashion muslim di aplikasi tiktok melalui electronic word of mouth. Sedangkan variabel influencer marketing, persepsi harga dan kemudahan bertransaksi tidak adanya pengaruh berpengaruh terhadap minat pembelian produk fashion muslim di aplikasi tiktok melalui electronic word of mouth. Implikasi dan kontribusi pada penelitian ini dapat memberikan pengetahuan lebih mendalam tentang strategi dalam penjualan di aplikasi tiktok khususnya bagi para pelaku bisnis di bidang fashion muslim.

References

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Alhensa, H. (2021). Pengaruh Kredibilitas Influencer Pada Efektifitas Iklan Media Sosial Instagram Dalam Membentuk Minat Beli Konsumen. 11(1), 22–41.
Alwafi, F., Magnadi, R. H., & Manajemen, J. (2016). Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–15.
Annur, C. M. (n.d.). katadata. Databoks.
Bayu, D. (n.d.). No Title. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/varia/detail/ada-6866-juta-generasi-z-di-indonesia-ini-sebarannya
Duta, G. L., Agung, M., & Subagja, G. (2022). Tiktok Dan Review Konsumen: Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Perspektif Bisnis, 5(2), 80–92.
Fadhilah1, G. G. S. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen Inovasi, 17(3), 505–512.
Hair, J., Anderson, R., Babin, B., & Black, W. (2010). Multivariate Data Analysis. In Australia : Cengage.
Kau, M., Juanna, A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Faktor Sikap Terhadap Minat Beli Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). Jambura, 5(1), 330–338.
Meatry Kurniasari1, & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variab. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8.
Nada Triningsih, S., Studi Manajemen, P., Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, S., Ayu Kade, I. R., & Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta Kade, S. (2022). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Persaingan, Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Minat Beli Produk The Executive. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(3), 273–280.
Nihlah, Z., LatuihamNihlah, Z., Latuihamallo, D. W., Susanty, A., & Purwaningsih, R., et.al (2018). Analisis Pengaruh Perceived Value, Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Dengan Word of Mouth Sebagai Variabel Moderasi. Seminar Nasional IENACO, 2337–4349, 462–469.
Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Kencana.
Nugraheni, N. O., & Muthohar, A. M. (2021). Analisis Pengaruh Religiositas, Pendapatan, dan Sikap Terhadap Minat Membayar Zakat Masyarakat Muslim Kabupaten Semarang Dengan Pengetahuan Sebagai Variabel Moderating. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 169.
P Panca, W. A., Jamin Ariana, I. N., & Arismayanti, N. K. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Wisatawan dan Citra Hotel Melati di Kelurahan Seminyak Kabupaten Badung Bali. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 1(1), 65–72.
Rizky, M., Fachruddin, I., Studi, P., Islam, E., Surabaya, U. N., Studi, P., Islam, E., & Surabaya, U. N. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Produk Fashion Pada Era New Normal Di Surabaya. 5, 78–88.
Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Online di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 25–34.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Supartono. (2021). Pengaruh Harga, Kemudahan Bertransaksi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Di E-Commerce Shopee Pada Masa Pandemi Covid 19. Ikraith-Ekonomika, 5(2), 210–218.
Suriana, S., Rahmawati, R., & Ekawati, D. (2022). Partial Least Square-Structural Equation Modeling pada Tingkat Kepuasan dan Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Online. Saintifik, 8(1), 10–19.
Zayyan, S., & Saino. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Jurnal Manajemen, Vol 13(No 2), 282–291.
Published
2025-12-13
How to Cite
Akbar, M., Prantiastio, Ridho, M. R., & Rohmadi. (2025). Pengaruh Strategi Internet Marketing Terhadap Minat Pembelian di Aplikasi Tiktok dengan Electronic Word Of Mouth Sebagai Variabel Moderasi. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 6(1), 97-103. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v6i1.1687