Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen pada Tokopedia

  • Herni Suryani Universitas Winaya Mukti
  • Shafa Hasya Adisty Universitas Winaya Mukti
  • Dodi Tisna Amijaya Universitas Winaya Mukti
  • Feby Febrian Universitas Winaya Mukti
Keywords: Brand Image, Celebrity Endorser, Minat Beli Konsumen

Abstract

Dalam penelitian ini, terdapat tiga variabel yaitu celebrity endorser dan brand image sebagai variabel bebas, dan minat beli konsumen sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis celebrity endorser, brand image dan minat beli konsumen pada Tokopedia dan juga pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap minat beli konsumen pada Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan deskriptif verifikatif. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat yang berbelanja menggunakan Tokopedia, dengan menggunakan sampel acak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar kuesioner dengan metode analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi dengan alat analisis data SPSS 25. Berdasarkann hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa celebrity endorser dan brand image pada Tokopedia dan minat beli konsumen pada Tokopedia rekatif tinggi. Berdasarkan uji statistik dapat disimpulkan bahwa celebrity endorseri dan brand image memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap minat beli konsumen pada Tokopedia sebesar 78,5% dan sisanya 21,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti.

References

Arianty N, Ari A. 2021 “Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap keputusan pembelian”. Artikel.5
Dhaefina, Z., AR, M. N., Pirmansyah, P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Testimoni terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan Lemonilo pada Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen, 1(1), 43-48.
Herjanto, H., Adiwjaya, M., Wijaya, E., & Samuel, H. (2020). The effect of celebrity endorsement on Instagram fashion purchase intention: The evidence from Indonesia. Organization and Markets in Emerging Economies, 11(1), 203-221.
Putri, A, R, D., & Basiya R. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Minat Beli Kembali Dimediasi oleh brand trust pada Konsumen E-commerce Tokopedia. Vol. 6 No.6. 4552-4567.
Ayu Qurratun, Y., Karyadi, H., Handini Dwi, Y. (2024). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Skintific. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 13, No. 3.
Ardiansyah Farid, M., Aquinia, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention (studi kasus pada konsumen Marketplace Tokopedia). Jurnal of Management & Business, 5(1).
Regita R., Admiral., Suwita J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Converse Di Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Jurnal Jubisma. Vol. 5 No.2.
Dewi R, Ivo N. 2021 “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa”.
Gebiela Siregar, S. 2020 “Pengaruh Celebrity endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening pada media sosial Instagram”.
Kenya S, 2023 “Mengenal Manajemen: Pengertian, Tujuan, Unsur, dan Fungsinya".
PPM SoM. 2022 “Konsep Dasar Manajemen”, Artikel Manajemen.
Rohmanuddin, Hana Arif s. 2022 “Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dimasa pandemi Covid 19 (studi kasus pada Bisnis Ritel pakaian”sting” cabang kedoya green garden”. Artikel.
Savero Rakha Heda, N. 2017 “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Sampo”.
Top Brand Award, www.topbrand-award.com.
Syahrie, S. 2021 “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap keputusan pembelian di Tokopedia (studi kasus mahasiswa Universitas Medan Area)”.
Vanya Kurnia MP, Serafica G, 2022 “Fungsi-fungsi Manajemen dan Contohnya”.
Willa TA, Alimuddin RR. 2022 “Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Word of Mouth Terhadap keputusan pembelian mie instan pada remaja”.
Priansa, D, J. (2017). Perilaku konsumen dalam perspektif bisnis.
Sari Puspita N., Sudarwanto T. (2022) “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare MS Glow”. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis. Vol 1, No 2, Mei – 2022, Hal 25-40.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Pemasaran strategik (2nd ed.). Yogyakarta: Andi.
Rusiana D., Iriani Setyo S., Witjaksono Dwiyanto A. (2023). Perngaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi pada E-commerce Tokopedia. Vol.12, No.2
Griffin, R, W. (2022). Management (14th ed). Boston: Cengage Learning.
Published
2025-12-12
How to Cite
Suryani, H., Adisty, S. H., Amijaya, D. T., & Febrian, F. (2025). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen pada Tokopedia. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 6(1), 88-96. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v6i1.1677