Penerapan Full Day School dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Smp Muhammadiyah 8 Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020

  • Agus Wiyono Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Suwignyo Widagdo Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Zainollah Institut Teknologi dan Sains Mandala
Keywords: Full day scholl, Pendidikan, Siswa

Abstract

Penerapan sistem Full Day School di SMP Muhammadiyah 8 Cakru memberikan kontribusi positif terhadap motivasi belajar siswa, baik akademis maupun non-akademis. Sistem ini menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memungkinkan siswa berdiskusi intensif dengan guru dan teman, serta melakukan kegiatan eksperimen untuk mengembangkan kemampuan analitis dan kritis. Dukungan guru yang berkualitas juga membangun karakter siswa yang tangguh. Namun, penerapan Full Day School juga menghadapi tantangan seperti beban tugas yang berat, jarak tempat tinggal yang jauh, serta masalah sarana dan prasarana. Penelitian ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara sekolah, orang tua, pemerintah, dan masyarakat untuk mengatasi hambatan tersebut. Strategi seperti metode pembelajaran aktif, diskusi kelompok, dan dukungan fasilitas dapat meningkatkan efektivitas sistem ini. Dengan sinergi semua elemen pendidikan, Full Day School dapat menciptakan lingkungan belajar yang produktif, harmonis, dan holistik, sesuai prinsip pendidikan Muhammadiyah yang menekankan pengembangan akademis, karakter, serta keterampilan siswa

References

Jamal. 2017. Full Day School, Yoyakarta: Arruz Media
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik, Rineka Cipta: Jakarta
Muwafik, 2012. Membangun Karakter dengan Hati Nurani,Jakarta: Erlangga
Hilalah, Nur. 2019. Tesis. Pelaksanaan Full Day School di SD plus Nurul Hikmah Pamekasan (telaah probelematika perkembangan sosial peserta didik).
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Raja Grafindo Persada: Jakarta
Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Mengajar, Bandung: Rajawali Pers
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta: Jakarta
J. Moleong, Lexy. 1994. Metodologi Penelitian, Gajah Mada University Pers, Edisi Revisi: Yogyakarta
Nawawi, Hadari dan Mimi Martini. 1994. Penelitian Terapan, Gajah Mada University Pers: Yogyakarta
Sudarman, Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Pustaka Setia: Bandung
Published
2025-10-11
How to Cite
Wiyono, A., Widagdo, S., & Zainollah. (2025). Penerapan Full Day School dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Smp Muhammadiyah 8 Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 6(1), 67-70. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v6i1.1676