Mengungkap Dampak Penting Citra dan Kepercayaan Merek Dalam Mendorong Minat Beli Bensin Shell
Abstract
Shell merupakan salah satu produsen bahan bakar bagi kendaraan bermotor yang telah beroperasi di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan dalam industri bahan bakar minyak, di mana aspek non-fungsional seperti persepsi merek dan kepercayaan merek menjadi penentu utama dalam keputusan pembelian. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap faktor yang paling memengaruhi minat beli produk bensin Shell ditinjau dari citra merek dan kepercayaan merek. Metode kuantitatif dengan desain cross-sectional diterapkan, menggunakan analisis regresi berganda. Pengumpulan data primer dilakukan di dua kota di Indonesia, yaitu Bandung (Jawa Barat) dan Malang (Jawa Timur) selama bulan Maret 2025. Sampel ditentukan secara non-acak dengan teknik sampel insidental, mempertimbangkan karakteristik pengguna BBM yang berminat membeli bensin merek Shell. Sebanyak 68 responden berpartisipasi, dengan mayoritas (75%) berasal dari Bandung. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dengan tingkat keragaman yang moderat. Temuan ini mengimplikasikan bahwa strategi pemasaran Shell perlu menekankan penguatan citra merek dan pembangunan kepercayaan guna meningkatkan daya tarik konsumen secara berkelanjutan.
References
Annisyak, W. N., & Ali, A. (2025). Pengaruh Citra Merek , Strategi Pemasaran Media Sosial , dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Business and Economics Research (JBE), 6(1), 225–233. https://doi.org/10.47065/jbe.v6i1.6766
Buana, Q. R., & Hanif, R. (2025). Harga dan Pelayanan Kredit Sebagai Penentu Kepuasan Konsumen: Studi Pada Astra FIF Cabang Pasuruan II. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(1), 207–216.
Clifford, U., & Kim, G.-B. (2019). The Impact of Service Quality, Satisfaction, Trust on Customer Loyalty for Mobile Operators in Nigeria. The East Asian Journal of Business Management, 7(2), 31–41. https://doi.org/10.20498/eajbe.2019.7.2.31
Dash, G., Kiefer, K., & Paul, J. (2021). Marketing-to-Millennials: Marketing 4.0, customer satisfaction and purchase intention. Journal of Business Research, 122(October 2020), 608–620. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.016
Dewi, K., & Yulianda, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Konsumen Pisang King Rengat. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 39–43. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1038
Feny, W. R., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser , Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli ( Studi Pada Konsumen Skincare MS Glow Beautyhome di Demak ). Seiko Journal of Management & Business, 5(1), 168–181.
Hardianti, N., Welsa, H., & Ningrum, N. K. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening di Marketplace Shopee. Jurnal Manajemen Dan Sains, 8(2), 1777–1781. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1470
Hidayat, A., Wijaya, T., Ishak, A., & Endi Catyanadika, P. (2021). Consumer trust as the antecedent of online consumer purchase decision. Information (Switzerland), 12(4), 1–10. https://doi.org/10.3390/info12040145
Husna, A., & Aryani, L. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Persepsi Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Korean Food (Studi Kasus Konsumen Gildak di Jakarta Timur). Journal of Young Entrepreneurs, 2(1), 177–191.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson Education Limited.
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. Bin. (2021). E-Service Quality, Customer Trust and Satisfaction: Market Place Consumer Loyalty Analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(2), 237. https://doi.org/10.24252/minds.v8i2.23224
Munawaroh, M., Sulaksono, H., & Hidayah, T. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Harga, Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Online Travel Agency (OTA) Traveloka.com. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v2i1.541
Nikmatullah, H. R., Wijayanti, R., Kurniawan, I., & Purba, C. O. (2023). Peranan Service Convenience dalam Meningkatkan Repurchase Intention dan Loyalitas Pelanggan di Bahagia Kopi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8018–8030. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Nuraieni, F. A., Haryanto, N. D., & Pradesa, H. A. (2021). Faktor Penentu Sebagai Pendorong Niat Membeli Produk “Odading Mang Oleh.” Jurnal Ekonomi Manajemen, 7(2), 113–126.
Oktaviany, V. V., & Padmantyo, S. (2025). Pengaruh Ekuitas , Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. JAFM: Journal of Accounting and Finance Management, 6(1), 325–338.
Ou, C. X., & Sia, C. L. (2010). Consumer trust and distrust: An issue of website design. International Journal of Human Computer Studies, 68(12), 913–934. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2010.08.003
Pramudya, A. K., Sudiro, A., & Sunaryo, S. (2018). The Role of Customer Trust in Mediating Influence of Brand Image and Brand Awareness of The Purchase Intention in Airline Tickets Online. Journal of Applied Management (JAM), 16(2), 224–233.
Prawira, A. A. N. D. N., & Suardana, R. (2024). Keterkaiatan antara Citra Merek , Kepercayaan Merek , dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian dan Peran Minat Beli Sebagai Mediator. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), 1931–1938. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.2145
Rahman, M. A., Abir, T., Yazdani, D. M. N.-A., Hamid, A. B. A., & Mamun, A. Al. (2020). Brand Image , eWOM , Trust and Online Purchase Intention of Digital Products among Malaysian Consumers. Journal of Xi’an University of Architecture & Technology, XII(III), 4936–4946. https://doi.org/10.37896/JXAT12.03/452
Renaldi, P. A., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Iklan dan Citra Merek serta Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Produk Kopi Siap Minum Dalam Kemasan Merek Nescafe di Singaraja. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 163–170.
Rozi, A. F., & Nasikan, N. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan , Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Produk Batik Tulis Mutiara Sendang Lamongan. Jurnal Studi Manajemeen Dan Bisnis, 7(2), 126–140.
Saputra, A. L., & Aprilia, T. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 2(1), 1–7.
Setyawati, D., & Oktafani, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Skincare Scarlett Whitening Pada Official Store Scarlett Whitening Di Shopee. Relasi : Jurnal Ekonomi, 19(1), 107–119. https://doi.org/10.31967/relasi.v19i1.665
Sharma, M., Chaudhry, R., Kumar, R., & Arora, M. (2025). A critical review of brand image and buying intentions : visualization and bibliometric analysis approach. Benchmarking: An International Journal, February. https://doi.org/10.1108/BIJ-02-2023-0111
Sirdeshmukh, D., Singh, J., & Sabol, B. (2002). Consumer Trust , Value , and Loyalty. Journal of Marketing, 66(1), 15–37.
Suryati, L., Saragih, L. M. S., Fajrillah, F., Sudarso, A., & Tarigan, A. M. G. (2022). Pengaruh Harga, Produk, dan Promosi Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 380–385. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1222
Ulrica, T., & Lego, Y. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk, Keterlibatan Produk, Dan E-Wom Terhadap Niat Pembelian Produk Max Factor Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tarumanagara Melalui Website Sociolla Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2), 491–499. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11896
Copyright (c) 2025 Nur Hidayati, Rifki Hanif, Iin Agustina, Hafid Aditya Pradesa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.