Faktor Penentu Dari Tingkat Penerimaan Pasien Atas Sistem Antrian Online Pada Puskesmas Rancaekek DTP
Abstract
Penggunaan sistem atau teknologi telah menjadi praktik umum di berbagai organisasi, baik sektor publik maupun privat. Puskesmas Rancaekek DTP telah mengimplementasikan sistem antrian daring (online) sebagai solusi atas permasalahan manajemen antrian pasien yang tidak efisien, yang menyebabkan keluhan terkait lamanya waktu tunggu dan ketidakpuasan terhadap pelayanan. Implementasi sistem ini bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan. Namun, meskipun berpotensi meningkatkan efisiensi, adopsi sistem ini belum optimal karena adanya penolakan terhadap teknologi baru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor kunci yang memengaruhi penerimaan teknologi, khususnya sistem antrian pasien daring di Puskesmas Rancaekek DTP. Penelitian ini mengadopsi perspektif teoritis dari model penerimaan teknologi untuk menjelaskan tingkat penerimaan Sistem Antrian Online di puskesmas tersebut. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan pasien sebagai responden. Sebanyak 95 pasien Puskesmas Rancaekek DTP berpartisipasi sebagai responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, penerimaan pengguna terhadap sistem pendaftaran daring di Puskesmas Rancaekek DTP tergolong baik. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi manfaat penggunaan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap sikap pengguna dibandingkan dengan persepsi kemudahan penggunaan. Sikap pengguna terhadap sistem menjadi faktor dominan dalam meningkatkan niat untuk menggunakan, bahkan lebih signifikan dibandingkan dengan persepsi kemudahan dan manfaat penggunaan. Rekomendasi untuk meningkatkan penerimaan sistem antrian daring ini disajikan di bagian akhir penelitian.
References
Aditya, R. H., Faroqi, A., & Wulansari, A. (2023). Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Penggunaan Sistem Surat Manajemen Elektronik Menerapkan Model UTAUT. KLIK : Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 1040–1048. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.944
Agustina, H., Suryanto, T. L. M., & Pratama, A. (2023). Analisis Penerimaan E-learning Madrasah Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(1), 173–181. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1097
Agustina, I., Sulistyan, R. B., & Pramuditha, R. (2023). Telaah Kritis Tentang Konsep Kepercayaan Masyarakat: Peran Serta Tehnologi, Informasi dan Komunikasi. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 7 No 1, 182–187. http://knia.stialanbandung.ac.id/index.php/knia/article/view/969%0Ahttp://knia.stialanbandung.ac.id/index.php/knia/article/viewFile/969/349
Agustina, I., & Suryana, W. P. (2024). Peran Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Kelurahan Antapani Wetan Kota Bandung. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(2), 112–123.
Alif, S. E. N., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerimaan Pengguna Pada Aplikasi Teman PBB Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 96–103.
Amelinda, S., Salsabila, G. S., Nuha, Y. K., & Pradesa, H. A. (2024). Optimalisasi layanan kesehatan melalui sosialisasi dan edukasi penggunaan sistem pendaftaran online di puskesmas Rancaekek DTP. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2652–2661.
Andikaputra, F. A. T., Yulandary, W., Zulvia, P., & Nugroho, A. B. (2022). Meninjau Efektivitas Sistem Rely-on Dalam Menunjang Pengelolaan Pelanggan Pada PT . Perusahaan Gas Negara ( PGN ) Area Batam. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 143–162.
Antaris, B., Faroqi, A., & Wulansari, A. (2023). Faktor-Faktor Penerimaan Aplikasi Mobile Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya Dengan Metode TAM. KLIK : Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 843–851. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.919
Aryanti, D., & Utamajaya, J. N. (2022). Persepsi Penggunaan Sistem E-learning menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 479–484. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4092
Azkar, A., & Kusrini, K. (2024). Klasterisasi Pasien Rawat Jalan di Puskesmas dengan Menggunakan Metode Algoritma Clustering K-Means. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(5), 2628–2636. https://doi.org/10.30865/klik.v4i5.1832
Bagozzi, R. P. (2007). The legacy of the technology acceptance model and a proposal for a paradigm shif. Journal of the Association for Information Systems, 8(4), 243–254.
Hanif, R., Astuti, W., & Sunardi, S. (2024). The Mediating Role of Customer Satisfaction in the Effect of Perceived Enjoyment on Customer Trust in Online Investment Application. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.003
Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548
Milaenia Fitri, H., & Hidayati, M. (2021). Pengaruh Lama Waktu Tunggu Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Waringinkurung. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(12), 1789–1795. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i12.262
Momani, A. M., & Jamous, M. (2017). The Evolution of Technology Acceptance Theories. International Journal of Contemporary Computer Research, 1(1), 51–58. https://www.researchgate.net/publication/316644779
Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835.
Musdalifah, M., & Hadisaputro, E. L. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Dana. Journal Of Computer System and Informatics, 4(1), 72–78. https://doi.org/10.47065/josyc.v4i1.2493
Nurrahmah, S., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerapan Aplikasi SIM BARRAYA Pada DISBUDPAR Kabupaten Bandung Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 142–152.
Pramuditha, R., & Agustina, I. (2022). Persepsi Masyarakat Pengguna Atas Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 884–901.
Prihatin, T., Muhammad, A., & Hidayat, T. (2023). Evaluasi Keberhasilan Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Publik Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(3), 13. https://doi.org/10.30865/klik.v4i3.1420
Putri, M. C., & Yuliyana, W. (2023). Implementasi Digitalisasi Pelayanan Publik Dan Kompetensi Sdm Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33480/jasdim.v2i1.3926
Rumana, N. A., Apzari, E. I., Dewi, D. R., Indawati, L., & Yulia, N. (2020). Penerimaan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Technology Acceptance Model di RSUP Fatmawati. Faktor Exacta, 13(1), 44–53. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v13i1.5611
Safitri, H., Rakhmadani, D. P., & Alika, S. D. (2022). Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi WeTV di Pulau Jawa Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(4), 996–1005. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i4.4557
Syawali, A. Z. S., Harahap, A. S., Pradesa, H. A., & Andikaputra, F. A. T. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Kompute, 4(1), 625–633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205
Utomo, Y., & Walujo, D. A. (2018). Penerapan Konstruk Technology Acceptance Model (Tam) Pada Layanan Mobile Application Di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 16(1), 39–48. https://doi.org/10.36456/waktu.v16i1.1445
Wahyuni, F. D., & Qotimah, N. E. khusnul. (2022). Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa tengah. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional SIKesNAs, 138(145), 1–8.
Wiranti, N. E., & Frinaldi, A. (2023). Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik dengan Teknologi di Era Digital. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 748–754. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm
Yusuf, M. (2023). Pengaruh Distribusi dan Parameter terhadap Kinerja Sistem Antrian. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 780–785. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.878
Zulvia, P., & Harahap, A. S. (2023). Advokasi Digitalisasi Desa Dalam Pengembangan Potensi Desa Cibodas Lembang Sebagai Desa Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 518–525. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2501
Zulvia, Pepi, & Yerina, A. S. (2023). Motivasi Dan Pengalaman Pengguna Sebagai Faktor Tambahan Dalam Meninjau Penerimaan Aplikasi Seluler Kai Access : Modifikasi Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 27(2), 209–228. https://doi.org/10.17933/jskm.2023.5250
Copyright (c) 2025 Stevanya Amelinda, Hafid Aditya Pradesa, Anggi Syahadat Harahap, Reni Wijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.