Determinan Terpenting Dari Komitmen Organisasional Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT POS Tebing Tinggi Deli

  • Hasrudy Tanjung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
  • Hari Nugraha Politeknik STIA LAN Bandung
  • Ramdani Priatna Politeknik STIA LAN Bandung
  • Arniz Farhanizha Azhari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Komitmen Afektif, Komitmen Kontinuan, Komitmen Normatif, Kinerja Karyawan, Pos Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor utama dalam komitmen pegawai terhadap organisasi, yang meliputi perasaan emosional, kesadaran akan biaya jika meninggalkan perusahaan, dan keyakinan untuk tetap bertahan, serta bagaimana faktor-faktor ini berhubungan dengan peningkatan kinerja pegawai di PT Pos Indonesia (Persero) Tebing Tinggi Deli. Studi ini melibatkan seluruh karyawan yang berjumlah tiga puluh dua orang dan menggunakan metode survei. Analisis dilakukan untuk melihat pengaruh ketiga aspek komitmen tersebut terhadap kinerja pegawai, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keterikatan emosional dan rasa identifikasi pegawai dengan perusahaan memiliki korelasi dengan peningkatan kinerja mereka. Sementara itu, kesadaran pegawai akan potensi kerugian jika keluar dari perusahaan dan keyakinan normatif untuk tetap bekerja tidak menunjukkan pengaruh yang berarti terhadap kinerja pegawai. Secara keseluruhan, ketiga aspek komitmen organisasi ini mampu menjelaskan sebagian variasi dalam kinerja pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa komitmen yang didasari oleh emosi merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja pegawai di PT Pos Indonesia (Persero) Tebing Tinggi Deli, berbeda dengan komitmen yang didasari oleh pertimbangan biaya atau kewajiban. Implikasi dari riset ini adalah pentingnya bagi perusahaan untuk mengembangkan strategi yang dapat membangun ikatan emosional yang kuat antara pegawai dan perusahaan guna mendorong kinerja yang optimal.

References

Agustina, I., Pradesa, H. A., & Putranto, R. A. (2021). Peran Dimensi Motivasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Komitmen Afektif Pegawai. JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Dan Perpajakan, 4(2), 218–235. https://doi.org/10.24167/jemap.v4i2.3237

Allen, N. J., & Meyer, J. P. (1990). The measurement and antecedents of affective, continuance and normative commitment to the organization. Journal of Occupational Psychology., 63, 1–18. https://doi.org/10.1111/j.2044-8325.1990.tb00506.x

Anisah, A. (2016). Pengaruh Komitmen Afektif, Normatif dan Kontinuan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Summit Oto Finance, Tbk Cab. Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 1(1), 8. https://doi.org/10.33087/jmas.v1i1.3

Ariyani, R. P. N., & Sugiyanto, E. K. (2020). Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan, dan Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Perusahaan BUMN X di Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 113–122. https://doi.org/10.31599/jmu.v2i2.772

Chaeruddin, I., & Musdalifah, E. (2016). Strategi Bisnis PT. Pos Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 2(3), 343–352.

Culpepper, R. A. (2000). A test of revised scales for the Meyer and Allen (1991) three-component commitment construct. Educational and Psychological Measurement, 60(4), 604–616. https://doi.org/10.1177/00131640021970754

Darmadi, D., Utari, W., & Subijanto, S. (2020). Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Kontinuan Dan Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Pamekasan. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 3(01), 76–90. https://doi.org/10.37504/map.v3i01.232

Desy, N., Effendi, N., & Suciati, S. (2023). Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Kontinu, Dan Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banyuasin I. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3597–3611. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10233/4761

Dharmanegara, I. B. A., Harijanto, D., Jamaluddin, M. R., & Agustina, I. (2023). Mengeksplorasi Dimensi Perilaku Inovatif PNS : Sebuah Studi Empiris di Kabupaten Badung. Image : Jurnal Riset Manajemen, 11(2), 269–282.

Dharmanegara, I. B. A., Sulistyan, R. B., & Agustina, I. (2021). How Well Public Service Motivation and Job Satisfaction in Enhancing the Effect of Compensation on Job Performance? Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 11(2), 181–192. https://doi.org/10.30741/wiga.v11i2.853

Eby, L. T., Freeman, D. M., Rush, M. C., & Lance, C. E. (1999). Motivational bases of affective organizational commitment: A partial test of an integrative theoretical model. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 72(4), 463–483. https://doi.org/10.1348/096317999166798

Evasari, A. D., & Prasetyo, B. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pos Indonesia (PERSERO) Cabang Nganjuk. Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 2(1), 15–20.

Febriyani, T. R., Shofiyuddin, M., & Muhardono, A. (2024). Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT POS Indonesia di Pekalongan. Journal of Accounting and Management’s Student, 1(1), 1–7.

Harijanto, D., Dharmanegara, I. B. A., Pradesa, H. A., & Tanjung, H. (2022). Do Distributive Justice Really Make Public Officers Feels More Obligated in Their Job ? Innovation Business Management and Accounting Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v1i1.1

Herscovitch, L., & Meyer, J. P. (2002). Commitment to organizational change: Extension of a three-component model. Journal of Applied Psychology, 87(3), 474–487. https://doi.org/10.1037/0021-9010.87.3.474

Hidayati, N., & Sunaryo, H. (2019). The effect of public service motivation on job performance through satisfaction and commitment: case of public officer in immigration office malang. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics, 7(1), 1–16.

Lubis, M. A. H., & Falahi, A. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pos Regional 1 Medan Timur. JIMK : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 124–134.

Malhotra, N., Ashill, N., Lages, C. R., & Homayounfard, A. (2022). Understanding the role of frontline employee felt obligation in services. Service Industries Journal, 42(11–12), 843–871. https://doi.org/10.1080/02642069.2020.1858062

Mercurio, Z. A. (2015). Affective Commitment as a Core Essence of Organizational Commitment: An Integrative Literature Review. Human Resource Development Review, 14(4), 389–414. https://doi.org/10.1177/1534484315603612

Meyer, J. P., & Allen, N. J. (1997). Commitment in the workplace : Theory, research, and application. SAGE.

Mohsin, F. H., Salleh, H. M., & Ishak, K. (2021). Organisational Commitment and Intention to Stay : The Roles of Felt Obligation. Asian Journal of Behavioural Sciences, 3(1), 40–53.

Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835.

Muhyi, H. A. (2021). Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan dan Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Pengurus Koperasi di Kota Sukabumi, Jawa Barat. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 53–65.

Parinding, R. G. (2017). Analisis Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan, Dan Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Ketapang. Magistra Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 88–107.

Pradesa, H. A. (2018). Peran Komitmen Afektif Dalam Memperkuat Dampak Dari Dimensi Iklim Kerja Etis Terhadap Perasaaan Berkewajiban Pegawai Negeri Sipil di Kantor Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(2), 16–29. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i2.21

Pradesa, H. A., Dawud, J., & Affandi, M. N. (2019). Mediating Role of Affective Commitment in The Effect of Ethical Work Climate on Felt Obligation Among Public Officers. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 133–146. https://doi.org/10.31106/jema.v16i2.2707

Pradesa, H. A., Sulistyan, R. B., & Dharmanegara, I. B. A. (2021). Meningkatkan Perasaan Berkewajiban Individual Pada Organisasi: Peran Dari Iklim Kerja Etis dan Komitmen Afektif. Progress Conference, 4(1), 96–107.

Pradesa, H. A., Tanjung, H., Agustina, I., & Salleh, N. S. N. M. (2023). Increasing Proactive Work Behavior Among Teachers in Islamic Senior High School: The Role of Ethical Work Climate and Perceived Organizational Support. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), 244–260. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911

Pradesa, H. A., Taufik, N. I., & Novira, A. (2018). Isu Konseptual Tentang Perasaan Berkewajiban (Felt Obligation) Individu Dalam Perspektif Kerangka Pertukaran Sosial. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.30741/wiga.v8i1.231

Putranto, R. A., Andikaputra, F. A. T., Pradesa, H. A., & Priatna, R. (2022). Meningkatkan komitmen bagi Aparatur Sipil Negara : Perspektif teori pertukaran sosial dalam akuntabilitas organisasi publik. Fair Value Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 915–926.

Putranto, R. A., Setiajatnika, E., & Fahmi, I. (2018). The Effect of Public Service Motivation and Job Satisfaction on Public Officers’ Performance through Commitment. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(12), 1422–1435. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i12/5247

Sari, E. P., As’ad, M., & Sulaeman, E. (2022). Analisis Strategi Pt. Pos Indonesia (Persero) Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kantor Pos Sukapura Kec. Cilincing Jakarta Utara). Jurnal Administrasi Bisnis, 208(2), 208–218.

Sunardi, S., Pradesa, H. A., Risfandini, A., & Taufik, N. I. (2023). Interaksi Diantara Kelelahan dan Keterikatan Kerja Serta Efeknya Terhadap Perilaku Proaktif Karyawan BPR. Image : Jurnal Riset Manajemen, 11(2), 256–268.

Tanjung, H., Salleh, N. S. N. M., & Pradesa, H. A. (2023). Mediating Role of Public Service Motivation in Enhancing the Effect of Spiritual Leadership on Felt Obligation and Affective Commitment. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 864–875. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.49540

Won, D., Bravo, G. A., & Chiu, W. (2021). Reciprocal and non-reciprocal employee–organization relationship: The mediating roles of felt obligation and workplace familism among collegiate coaches. International Journal of Sports Science and Coaching, 16(5), 1074–1085. https://doi.org/10.1177/17479541211013612

Ximenes, C. A., Riana, I. G., & Ximenes, P. M. B. (2022). Effect Of Job Satisfaction On Citizenship Behavior Organizational Commitment Ministry Of High School Education In Timor-Leste. ABM : International Journal of Administration, Business and Management, 4(1), 74–81.

Published
2025-06-01
How to Cite
Tanjung, H., Nugraha, H., Priatna, R., & Azhari, A. F. (2025). Determinan Terpenting Dari Komitmen Organisasional Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT POS Tebing Tinggi Deli. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 147-160. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1386