Menilai Keputusan Pembelian Ditinjau dari Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi

  • Brayma Ras Malemta Taringan Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Yuniorita Indah Handayani Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Karim Budiono Institut Teknologi dan Sains Mandala
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Lokasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, citra merek, kualitas pelayanan dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor bekas di Dealer Arya Jaya Motor Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen dealer Arya Jaya Motor Kabupaten Jember. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 60 responden dengan rumus roscoe. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 27. Uji yang digunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asusmsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas), uji koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan harga, kualitas produk, citra merek, kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, kemudian harga, kualitas produk, citra merek, kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.

References

Adha, L. A. (2020). Digitalisasi industri dan pengaruhnya terhadap ketenagakerjaan dan hubungan kerja di Indonesia. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298.

Artanovelia, R., Sengaji, Z., Radiansyah, E., & Ginting, E. (2024). Analisis pengaruh kebiasaan, gaya hidup dan pendapatan terhadap keputusan pembelian motor Honda Vario di Kalianda. Kalianda Halok Gagas, 7(1), 45–55.

Fitriyani. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian motor bekas di Godong (Studi pada dealer motor bekas di Ruly) (Skripsi, Universitas Semarang).

Rahman. (2023). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor bekas jenis matic di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Mitra Bisnis, 9(1).

Riyanti. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada CV. Surya Utama Perkasa Semarang (Skripsi, Universitas Semarang).

Ruliansyah, F., & Sampurna, S. D. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor (Studi kasus pada konsumen sepeda motor Yamaha di dealer Johar Baru Jakarta Pusat). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18.

Safitri, A., Widjanarko, W., Sumantyo, F. D. S., & Siahaan, M. (2024). Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda di Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(8), 497–510.

Septiawan, M. S. D., Mansur, M., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh strategi promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor bekas di Kabupaten Jember. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(4).

Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukandar, A. E., Atmaja, H. E., & Yudhanto, W. (2024). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda Vario. Jurnal Administrasi Bisnis (JABis), 22(2), 180–206.

Wibowo, R. A. (2019). Manajemen pemasaran. Radna Andi Wibowo.

Published
2025-06-01
How to Cite
Taringan, B. R. M., Handayani, Y. I., & Budiono, K. (2025). Menilai Keputusan Pembelian Ditinjau dari Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 125-133. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1346