PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, CITRA MEREK, PROMOSI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SUPERMARKET GRAHA MULIA PROBOLINGGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek, Promosi, dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pelanggan Supermarket Graha Mulia Probolinggo. Pemasaran mempunyai peran penting untuk berkembangnya perusahaan. Pada era globalisasi saat ini, perkembangan usaha sangat pesat dan ditandai dengan persaingan bisnis yang sangat ketat, apalagi hubungan antara retail dan perdagangan eceran yang sangat erat. Salah satu bisnis ritel yang berkembang pesat saat ini adalah Supermarket. Banyak supermarket yang menawarkan berbagai layanan dan menjadi lebih terorganisir. Keberhasilan ritel didasarkan pada penyediaan barang-barang penting bagi pelanggan dengan harga yang terjangkau terlepas dari kualitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari hasil penyebaran kuesioner terhadap 60 responden, observasi, wawancara, study pustaka. Metode pengolahan data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan analisis SPSS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan hasil menunjukkan bahwasannya variabel Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sementara variabel Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek, dan Kualitas Informasi tidak berpengaruh secara signifikan.