PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PADA BAJU THRIFT DI DANDASAYUDHA STORE KABUPATEN SITUBONDO

  • Zamratun Nurise Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Suwignyo Widagdo Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Dedy Wijaya Kusuma Institut Teknologi dan Sains Mandala
Keywords: Harga; Kualitas Produk; Promosi;Keputusan Pembelian; Minat Beli

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada baju Thrift di Dindasayudha Store Kabupaten Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak langsung dari dimensi harga, kualitas produk, promosi terhadap keputusan pembelian serta pengaruhnya terhadap minat beli sebagai variabel intervening pada baju thrift di Dindasayudha Store Kabupaten Situbondo. Sampel yang digunakan sebanyak 75 responden di dapat dengan rumus ferdinand. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS 20. Uji yang digunakan yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), uji t, uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga terdapat pengaruh secara langsung terhadap minat beli. Sedangkan kualitas produk dan promosi tidak terdapat pengaruh secara langsung terhadap minat beli. Kemudian tidak terdapat pengaruh secara langsung harga, promosi terhadap keputusan pembelian, sedangkan untuk kualitas produk terdapat pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Untuk harga berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, sedangkan kualitas produk dan promosi tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada baju thrift di Dinadasayudha.

Published
2025-01-30
How to Cite
Nurise, Z., Widagdo, S., & Wijaya Kusuma, D. (2025). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PADA BAJU THRIFT DI DANDASAYUDHA STORE KABUPATEN SITUBONDO . JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 143-155. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1333
Section
Articles