ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA ITSM TERHADAP KONSUMEN DALAM MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM SHOPEE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa ITSM terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di platform Shopee. Dalam era digital, e-commerce menjadi pilihan utama bagi konsumen, dan pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian menjadi sangat penting bagi para pelaku bisnis. data dikumpulkan dari mahasiswa ITSM untuk mengevaluasi persepsi mereka terhadap kemudahan penggunaan, promosi, keamanan transaksi, dan ulasan produk.. Observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data untuk pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. 13 mahasiswa ITSM yang sering berbelanja online di platform Shopee menjadi sampel penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai faktor, termasuk keseimbangan usia dan gender dalam lingkungan ITSM, program studi (prodi) yang mempengaruhi persepsi dan preferensi belanja mahasiswa, dan berbagai perilaku mahasiswa dalam berbelanja online.