Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Analisis Mahasiswa Memecahkan Kasus Mata Kuliah Praktik Auditing

  • Netty Herawaty Universitas Jambi
  • Riski Hernando Universitas Jambi
  • Rahayu Universitas Jambi
  • Wiwik Tiswiyanti Universitas Jambi
Keywords: Audit, Inovasi, PjBL

Abstract

Model Project Based Learning (PjBL) adalah salah satu model inovasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa dalam memecahkan kasus. Mata kuliah praktik Auditing adalah salah satu mata kuliah wajib jurusan akuntansi Strata1 yang mengembangkan inovasi pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan bagaimana perubahan tindakan yang diterapkan dosen dalam mengimplementasikan model Project Based Learning (PjBL) mata kuliah Praktik Auditing untuk meningkatkan kemampuan analisis  mahasiswa akuntansi S1, untuk mengetahui dan membuktikan apakah model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan analisis  mahasiswa akuntansi S1 yang mengambil mata kuliah praktik auditing, untuk mengetahui dan membuktikan bagaimana lingkungan belajar yang dapat menciptakan perkuliahan yang efektif dalam penerapan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Manfaat penelitian ini buat dosen diharapkan bisa merubah tindakan kelas dosen dalam mengimplementasikan pembelajaran ke mahasiswa, bagi mahasiswa bisa menambah keterampilan berpikir kritis, peningkatan kreatifitas, mampu berkomunikasi dengan baik dan bisa melakukan kolaborasi sedangkan bagi institusi penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat menambah Indikator Kinerja Utama (IKU) sehingga dapat meningkatkan akreditasi prodi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan adanya tindakan kelas dengan melalui tahap-tahap persiapan, pelaksanaan. pengamatan dan refleksi.

References

Anggono, Hayati, K., siti dini & Munawarah (2022). Pengaruh Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(4), 4083–4091. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13010%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/13010/9304

Arends, R. (2012). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: Mc GrawHill Education

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Chrisza, Arthur Tahapary, M. Ridwan Tikollah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Akuntansi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Ambon Maluku. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(4), 107–111.

Daryanto dan Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dinuka, V. K., & Amalia, D. (2022). Skeptisisme Project Based Learning Dan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Akuntansi Berkelanjutan: Perspektif Mahasiswa Akuntansi. Journal of Applied Managerial Accounting, 6(2), 330–344. https://doi.org/10.30871/jama.v6i2.4774

Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group


Fatmawarni, F., & Haryani, P. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar Analisa Ratio Keuangan pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 1(1), 24–47. https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2028

Isriani & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group.

Jusuf, H. 2014. Auditing (Pengauditan Berbasis ISA). Yogyakarta:Penerbit STIE YKPN.

Kamayanti, A. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan. Jakarta: Yayasan rumah peneleh.

Kholilah, K., Pradana, A. W. S., Djalaluddin, A., & Istiqomah, D. F. (2021). Internalisasi Karakter Ulul Albab Dalam Pembelajaran Akuntansi Berbasis Project Based Learning. Akuntabilitas, 15(2), 183–204. https://doi.org/10.29259/ja.v15i2.13109

Merdekawati, K., Ngilmi, U. M., & Arlianty, W. N. (2022). The Effect of Online Project Based Learning on Students’ Character. International Journal of Chemistry Education Research, 6(April 2020), 11–15. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol6.iss1.art2

Prajanto, A. (2020). Project Based Learning Sebagai Model Pembelajaran Risk Based Audit Dengan Media Aplikasi Audit Tool Linked Archive System (Atlas). JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Auditing), 1(1), 19–29. https://doi.org/10.56696/jaka.v1i1.3860

Purba, Andy Wijaya, N. (2020). Perspektif Pendidikan dan Keguruan , Vol 11, No. 1, April 2020. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(1), 43–49.

Rahayu, S, (2020), Penganggaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (Perspektif New Institutional Sociology), Penerbit Peneleh, Malang

Rusdi, M (2020) Penelitian Perlakuan Kependidikan (Educational Treatment Base).Depok: Rajawali pers

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79–83 https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Suryanti, Nunuk. Sukarni & Wiwin Setiawati. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dalam Akuntansi Keuangan. 11(2). DOI https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p86- 91

Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Wahyu, G., Zulma, M., & Erwati, M. (2023). Project-Based Learning Model with Practicum Module Media in The Accounting Information Systems Course at The Economics Diploma Program , University Of Jambi. 7, 717–721. Journal of Economics and Business. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.1110

Widiasworo, E. (2016). Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Published
2025-09-09
How to Cite
Herawaty, N., Hernando, R., Rahayu, & Tiswiyanti, W. (2025). Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Analisis Mahasiswa Memecahkan Kasus Mata Kuliah Praktik Auditing. JAKUMA : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Keuangan, 6(1), 199-205. https://doi.org/10.31967/jakuma.v6i1.1546