PERCEPTION, EXPECTATIONS AND INTERESTS OF STUDENT PARENT AS THE PRIORITY IMPROVEMENT OF TK X SERVICES DETERMINATION IN LUMAJANG DISTRICT

  • Noer Aisyah Barlian PROGRAM STUDI MANAJEMEN STIE WIDYA GAMA LUMAJANG
  • Mimin Yatminiwati PROGRAM STUDI AKUNTANSI STIE WIDYA GAMA LUMAJANG

Abstract

The purpose of this research is to determine priority of service improvement in kindergarten X based on perception, expectation and importance of student guardian, and to determine the type of service that become priority of service improvement of kindergarten X based on perception, expectation and interest of student guardian. This research is expected to contribute to the improvement of services in the field of kindergarten education. This research prioritizes service improvement using lean six sigma method. This research took sample of student parents in kindergarten X of 94 respondents. This research method uses descriptive method. The results of this study which refers to the purpose of this study are three main priorities to improve the quality of service TK X is parking, toilets and child safety. Furthermore, this research is expected to contribute in the development of management science studies, especially marketing management and human resources, so it can be a reference and development for further research.

References

Budiwati, Hesti.2017.Pendekatan Lean Six Sigma Penentuan Prioritas Perbaikan Layanan Bank Berdasarkan Persepsi, Harapan, dan Kepentingan Nasabah.Lumajang; STIE Widya Gama Lumajang.Jurnal Manajemen/Volume XXI, No. 01, Februari 2017: 1-16

Darwati, Lulus dan Mustafid, Suparti.2015.PENDEKATAN SERVQUAL-LEAN SIX SIGMA MENGGUNAKAN DIAGRAM KONTROL T2 HOTELLING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di Jurusan Statistika Universitas Diponegoro). Semarang: Universitas Diponegoro. ISSN: 2339-2541 JURNAL GAUSSIAN, Volume 4, Nomor 2, Tahun 2015, Halaman 305 – 314

Fikri, Sirhan dan Wahyu Wiyani, Agung Suwandaru.2016. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA.Malang; Universitas Merdeka Malang. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, Januari 2016

Hasibuan, Chalis Fajri dan Sutrisno.2017.IDENTIFIKASI TINGKAT KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN SERVQUAL DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS X. Sumatra Utara: Universitas Medan Utara. Spektrum Industri, 2017, Vol. 15, No. 1, 1 – 119 ISSN : 1963-6590 (Print) ISSN : 2442-2630 (Online)

Lamatinulu.2016. Penerapan Konsep Lean dengan Six Sigma (DMAIC) Dalam Penetapan Strategi perbaikan Kinerja Pada Perspektif Konseumen dan proses Bisnis Internal. Makasar: Unibersitas Muslim Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIV

Najib, Halim, dan Mochamad Choiri, Ceria Farela Mada Tantrika. IMPLEMENTASI LEAN SIX SIGMA SEBAGAI UPAYA MEMINIMASI WASTE PADA PEMBUATAN WEBB DI PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA NGANJUK. Malang: Universitas Brawijaya

Nilasari, Eswika dan Istiatin.2015. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEALER PT. RAMAYANA MOTOR SUKOHARJO. Surakarta; Universitas Islam Batik Surakarta. ISSN : 1693-0827

Mulia, Jongkey, Sri Widaningrum dan Amelia Kurniawati.2011. Usulan perbaikan Jasa Paket Reguler Express pada PT. TIKI JNE Bandung dengan Metode Lean Six Sigma. Bandung; Institut Tekhnologi Bandung

Rahman, Arif, Nasir Widha Setyanto.2016.Pendekatan Lean Sigma Sebagai Upaya Untuk Meminimasi Waste Pada Proses Pengemasan Industri Farmasi. Malang: Universitas Brawijaya. Proceeding Seminar Nasional IV Manajemen & Rekayasa Kualitas 2010

Remba Yanuar Efranto, Moses Laksono Singgih dan Mokh. Suef.2008.EVALUASI MODEL PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN SERVPERF SIX SIGMA (Studi Kasus: Kantor Bersama Samsat Manyar Surabaya Timur).Surabaya:Institut Teknologi Sepuluh Nopember.Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi VIII

UNICEF Indonesia. 2012. Ringkasan dan Kajian Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. https://www.unicef.org/indonesia/id/A3_-_B_Ringkasan_Kajian_Pendidikan.pdf

Unzicker Deborah, K, (1999), “The Psychology of Being Put on Hold: An Exploratory Study of Service Quality”, Psychology and Marketing; jul 1999; 16, 4; ProQuest Psychology Journals pg.327

Published
2018-09-29