PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK MELALUI PENERAPAN E-FILING

  • Uun Fika Sirlyani 1Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Sains
  • Haifa Haifa Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Sains
  • Hamzah Fansuri Yusuf Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Sains
Keywords: Service Quality, Tax Sanctions, Taxpayer Compliance, Implementation of e-Filing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis bagaimana pengaruh penerapan kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak melalui penerapan e-filing. (2) Mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di Kabupaten Jember dengan sampel sebanyak 50 orang. Metode analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan uji statistik SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, sanksi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi pembayaran pajak keduanya terhadap kepatuhan wajib pajak melalui penerapan e-filing.

Published
2023-10-28
Section
Articles