PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK MELALUI PENERAPAN E-FILING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis bagaimana pengaruh penerapan kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak melalui penerapan e-filing. (2) Mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di Kabupaten Jember dengan sampel sebanyak 50 orang. Metode analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan uji statistik SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, sanksi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi pembayaran pajak keduanya terhadap kepatuhan wajib pajak melalui penerapan e-filing.