PENGARUH ORIENTASI ETIS, PENDIDIKAN ETIKA BISNIS, LOVE OF MONEY DAN GENDER TERHADAP PERSEPSI ETIS

  • Putri Aniatul Jannah Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Nurshadrina Kartika Sari Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember
  • Mainatul Ilmi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember
Keywords: Orientansi Etis, Pendidikan Etika Bisnis, Love Of Money, Gender dan Persepsi

Abstract

Akuntan adalah profesi yang eksistensinya sangat tergantung pada kepercayaan masyarakat, sebagai seorang akuntan dalam menjalankan tugasnya harus menjunjung tinggi etikanya. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh dari orientasi etis, pendidikan etika bisnis, love of money, gender terhadap persepsi etis mahasiswa S1 akuntansi pada PTN dan PTS di kabupaten Jember yaitu ITS Mandala, Universitas Muhammadiyah Jember dan Universitas Jember.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa angkatan 2019 prodi S1 akuntansi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling dengan menggunakan sample sebanyak 105 mahasiswa. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui google form kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Idealisme berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi (2) Relativisme berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi (3) Pendidikan Etika Bisnis berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi (4) Love of money berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, (5) gender berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, (6) Orientansi Etis, Pendidikan Etika Bisnis, Love Of Money dan Gender berpengaruh secara simultan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.

Published
2023-10-28
Section
Articles