MAMPUKAH PENGETAHUAN, PRODUK, PROMOSI DAN LITERASI KEUANGAN MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG?

  • Nela Widiyawati Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember
  • Yuniorita Indah Handayani Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Wiwik Fitria Ningsih Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember
Keywords: Pengetahuan, Produk, Promosi, Literasi Keuangan, Minat Menabung, Bank Syariah Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, produk,promosi dan literasi keuangan  terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. Penelitian ini mengambil empat variabel bebas diantaranya pengetahuan, produk, promosi dan literasi keuangan serta satu variabel terikat yaitu minat menabung. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner.data yang digunakan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dengan sampel adalah mahasiswa dengan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan SPPS 25 untuk mengolah data dalam menemukan jawaban atas hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel pengetahuan dan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung, untuk variabel promosi dan literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung. Sedangkan secara simultan variabel pengetahuan, produk, promosi dan literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah Indonesia.

Published
2023-10-28
Section
Articles